Copyright©Liputan6

Deretan Aplikasi Kamera di HP Android Ini Bisa Curi Data Pengguna Lho !

Newsth.com – Baru-baru kembali ditemukan spyware baru dalam 30 aplikasi kamera di HP Android yang tersedia di Play Store. menurut Survei oleh peneliti CyberNews, malware ini dirancang untuk mengumpulkan semua data di smartphone, termasuk lokasi tanpa sepengetahuan pengguna.

Dilansir dari Gizchina (20/1/2020), peneliti cybersecurity daru CyberNews melihat kode dan pengoperasian 30 aplikasi Android untuk meningkatkan selfie di Google Play Store. “Aplikasi ini mengumpulkan dan menjual data Anda, menyerbu Anda dengan iklan jahat dan sering mengarahkan Anda ke situs-situs phishing,” tulis CyberNews.

Total 30 aplikasi itu telah diunduh 1,4miliar pengguna HP Android diseluruh dunia dan dari beberapa aplikasi itu sangat populer karena punya lebih dari 300 juta instalasi. Menurut peneliti, 16 dari 30 aplikasi dikembangkan oleh pengembang yang berbasis di Hongkong.

Baca juga : Fitur Lacak Profil Pengguna Lain Hadir di Youtube,Begini Lho Cara Kerjanya !

Copyright©Android Authority

Meitu, salah satu pengembang paling terkenal dalam daftar yang terbukti melanggar sebagian besar aturan dari Google dan apikasinya diam-diam mengumpulkan data dari pengguna dan bisa mengaktifkan mikrofon atau kamera tanpa sepengetahuan pengguna HP Android.

CyberNews juga mengungkapkan, ada juga Coocent, KX Camera Team dan Dreams Room dan ketiganya tergabung dalam grup yang sama.

“Pengembang aplikasi itu dapat menghasilkan banyak uang dengan menjual data Anda kepada pengiklan,” kata CyberNews. Rata-rata, pengembang yang berhasil mengumpulkan lokasi sejuta pengguna menghasilkan hingga US$ 4.000 per bulan. Inilah daftar aplikasi kamera yang wajib kamu hapus dari HP Android milikmu.

Baca juga : Segera Debut, Inilah Bocoran Spesifikasi Oppo Find X2 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here