Copyright©Rancah Post

Aturan Ketat Yang Diterapkan Untuk Pengguna WhatsApp Dinegara Ini !

Newsth.com – Tak hanya di Indonesia, di India WhatsApp juga menjadi salah satu media komunikasi yang jadi andalan. Hal itulah yang membuat pengguna aplikasi ini kini mendapatkan pengawasan ketat dari pihak kepolisian di India.

Pasalnya belakangan ini pihak berwajib disana melihat bahwa aplikasi besutan Facebook ini kerap digunakan untuk melakukan tindak kejahatan. Di India, ada sejumlah hal yang menjadi pantangan bagi pengguna dan jika dilanggar, maka pihak berwajib akan turun tangan.

Dilansir dari The News Pocket pada Selasa, 14/01/2020, hal pertama yang tak boleh dilakukan adalah mengirimkan video provokatif,cabul atau konten p*rno dalam sebuah grup. Jika dilanggar, maka admin grup WhatsApp ini bisa ditangkap polisi. Konten ini juga termasuk p*rnografi anak-anak hingga video asusial yang dibuat melalui kamera tersembunyi dan difilmkan secara illegal.

Baca juga : Tak Lagi Gratis, WhatsApp Bakal Kenakan Biaya Untuk Penggunanya, Berapa Tarifnya?

Selain itu, pengguna juga di larang membagikan foto atau video manipulasi yang melibatkan orang-orang penting. Ada juga larangan untuk mempromosikan perdangan illegal atau pelacuran melalui aplikasi chatting ini.

Pengirim konten yang melecehkan wanita secara seksual melalui WhatsApp juga terancam mendapat hukuman penjara. Pengguna yang memalsukan nama orang lain juga bisa dijerat hukuman.

Copyright©Jalantikus

Tak hanya soal kekerasan dan konten seksual, India juga memberlakukan aturan ketat terkait konten kebencian mengenai agama atau tempat ibadah apapun.

Baca juga : 3 Fitur Terbaru Yang Bakal Segera Hadir di WhatsApp, Mana Yang Kamu Tunggu?

Meski WhatsApp punya fitur enkripsi end-to-end untuk menjaga keamanan percakapan penggunanya, pihak kepolisian di India bisa mendapatkan sejumlah data yang dibutuhkan untuk dibawa ke ranah hukum. Aplikasi chatting mengumpulkan sejumlah metadata yang bisa saja diberikan Facebook kepada penegak hukum jika dibutuhkan.

Dengan begitu, meski pesan telah dienkripsi, polisi bisa mendapatkan alamat IP, nomor ponsel, lokasi, jaringan selular dan jenis ponsel yang di gunakan.

Sementara itu di kutip dari laman Gadgetsnow Selasa, 14 Januari 2020, penegak hukum di India bisa menjerat pengguna WhatsApp yang bandel atau yang berani melanggar aturan tersebut dengan Undang-Undang Teknologi Informasi Tahun 2000 yang berlaku di Negara tersebut.

Jadi buat kamu warga India jangan coba-coba ya atau penjara bisa jadi tempatmu.

Baca juga : Bahaya ! Abaikan Saja Jika Dapat Pesan Seperti Ini Di WhatsApp !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here