Copyright©Liputan6

Daftar Aplikasi Android di Play Store Yang Mengandung Virus Spyware 

Newsth.com – Kabar kurang mengenakkan kini kembali datang untuk para pengguna HP Android. YA, baru-baru ini telah di temukan ada virus spyware baru yang mengancam para pengguna smartphone Android. Virus ini sendiri telah menyusup di tiga Aplikasi Android yang ada di Google Play Store.

Virus ini bisa mengumpulkan data pribadi para korbannya serta mengeksploitasi beberapa kerentanan keamanan. Sementara itu, di lansir dari laman Gizchina pada Senin, 13 Januari 2020, menurut peniliti di Tren Micro, spyware ini mampu mematai-matai semua pesan pengguna, mulai dari Facebook, Gmail atau bahkan Outlook, yang tersembunyi di Google Play Store.

“Kami menemukan tiga aplikasi jahat di Google Play Store” tulis Trend Micro di sebuah postingan blog pribadinya.

Baca Juga : Hero dengan Skill Unik Ini Tiba di Mobile Legends Pekan Ini, Mau Coba?

Untuk memasuki ke sistem HP Android para korbannya, malware ini menyamar sebagai aplikasi Android yang tidak berbahaya. Hingga saat ini, tiga aplikasi yang ada di Google Play Store telah terdeteksi mengandung spyware ini.

Menurut survey, mereka sudah beraktivitas sejak Maret 2019 lalu. Lalu apa saja nama aplikasi Android tersebut? ketiga aplikasi yang di maksud adalah Camero, FileCrypt, CallCam.

Copyright©Android Authority

Setelah diselidiki, para peneliti mendeteksi keberadaan spyware yang tujuan utamanya adalah mengumpulkan informasi pengguna. Diperkirakan spyware ini dibuat oleh SideWinder yang merupakan sekelompok peretas berbahaya yang aktif sejak 2012.

Baca juga : Youtube-mu Bermasalah dan Tak Bisa Dibuka? Begini Cara Mengatasinya !

Malware yang hadir pada tiga aplikasi itu sangat rentan menyusup ke smartphone dengan sistem operasi Android lama. Malware ini bahkan bisa melakukan rooting otomatis pada  Android untuk menginstal beberapa file APK dari jarak jauh. Dalam beberapa kasus, virus juga menyasar pada pelanggaran dengan ponsel chipset Mediatek.

Usai berhasil masuk, malware akan mengumpulkan semua data yang ada diponsel, termasuk pesan di WeChat, Outlook, Twitter, Yahoo Mail, Facebook, Gmail bahkan melalui Google Play Store.

Nah untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap yang ditetapkan oleh para peretas, di sarankan untuk kamu tak menginstall aplikasi Android dari pengembang tak dikenal, sekalipun itu di Google Play Store.  selain itu, kamu juga harus melihat ulasan dan komentar sebelum mengunduh aplikasi apapun.

Semoga bermanfaat ya guys !

Baca juga : Update PUBG Mobile Versi 0.16.5 Resmi Rilis, Inilah Fitur Barunya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here