Copyright©DetikNet

Peneliti Temukan Smartphone Murah Rawan Diretas Hacker 

Newsth.com – Seperti di ketahui, smartphone Murah dengan harga murah adalah pasar paling gemuk di industri smartphone saat ini, berbeda dengan ponsel dengan harga selangit yang peminatnya sedikit.

Ponsel murah punya banyak peminat karena harganya yang terjangkau, terlebih lagi kini banyak vendor yang menghadirkan ponsel murah dengan kualitas yang tak kalah dengan smartphone dengan harga yang mahal. Namun dibalik itu semua ternyata ada ancaman yang mengintai HP murah.

Perusahaan riset keamanan Kryptowire mengungkapkan bahwa HP Android murah ternyata lebih rentan terkena peretasan. Di lansir dari Ubergizmo pada Selasa, 19 November 2019, sistem keamanan smartphone Murah di nilai punya masalah serius, termasuk persoalan bug dan kerentanan terhadap serangan dari para peretas atau hacker.

Baca juga : Buruan Beli, HP Android Dapat Potongan Harga Hingga Jutaan Rupiah Lho !

Tentu hal ini lumrah karena perangkat di segmen ini tidak di rancang seperti pembuatan smartphone premium yang punya sistem keamanan berlapis.

Meski telah mengumumkan hasil riset tersebut, akan tetapi Kryptowire tidak menyebutkan merek dari seri ponsel yang di maksud. Mereka juga tidak menjelaskan batasan harga yang masuk dalam kategori smartphone Murah ini.

Copyright©HarapanRakyat

Namun, Kryptowire mengklaim bahwa kerentanan ini ditemukan oleh perusahaannya pada ponsel yang di kirimkan oleh 29 produsen smartphone dari berbagai Negara. Nah pada kesempatan yang sama, CEO Kryptowire yakni Angelos Stavrou mengatakan bahwa pihak Google harus bertanggung jawab.

Baca juga : Catat Tanggalnya ! Inilah Jadwal Perilisan Realme X2 Pro di Indonesia !

Yups Google selaku pemilik sistem operasi Android menurut Angelos Stavrou harus ikut bertanggung jawab atas temuan ini sehingga mereka bisa meningkatkan sistem keamanan pada sistem operasi Android, sekalipun ponsel tersebut masuk dalam kategori smartphone Murah dengan harga yang ekonomis.

“Google bisa meminta kode analisis dan tanggungjawab vendor terhadap software yang mereka masukkan ke dalam ekosistem Android. Legislator dan pembuat kebijakan harus menuntut agar perusahaan bertanggung jawab karena membahayakan keamanan dan informasi pribadi penggunanya,” tandas Stavrou.

Sementara itu hingga berita ini ditulis pihak Google belum memberikan konfirmasinya terkait ditemukannya celah keamanan di ponsel Android murah ini.

Baca juga : Trio iPhone 11 Masuk Indonesia Bulan Depan, Berapa Harganya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here