Copyright©Rencongpost

Begini Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp Yang Bikin Boros Baterai Smartphone !

Newsth.com – Apakah belakangan ini kamu merasa baterai smartphone kamu cepat habis dan hal itu tidak seperti biasanya? Jika iya bisa jadi ini adalah ulah salah satu aplikasi yang populer saat ini. belum lama ini, beberapa akun Reddit mengeluhkan aplikasi chat besutan Facebook yakni WhatsApp menyebabkan baterai boros.

Sebagian besar mereka yang mengalami masalah ini adalah pengguna HP Android merk OnePlus. Tak hanya OnePlus, model lain yang juga terpengaruh termasuk Samsung Galaxy S10e, Galaxy S9, Google Pixel 3 dan Google Pixel 4.

Seorang pengguna OnePlus 6 menulis bahwa setelah memperbarui ke versi WhatsApp yang dilengkapi dengan Fitur “Buka kunci dengan sidik jari”, ponselnya melaporkan penggunaan WhatsApp selama 1,5 jam, padahal ia hanya membuka aplikasi selama satu menit.

Baca juga : Ganggu Banget? Inilah Cara Menghilangkan Iklan di Youtube Android dengan Mudah !

Keluhan juga ditemukan dibagian komentar di halaman aplikasi di Google Play Store. salah satu pengguna yang memakai Redmi Note 5 Pro mencatat bahwa baterainya turun dari 74% menjadi 19% karena aktivitas pesan di latar belakang.

Banyak juga laporan bahwa aplikasi besutan Facebook ini bertanggung jawab dalam menghabiskan 30% atau lebih masa pakai baterai mereka jika mereka hanya menanggapi satu atau dua pesan.

Copyright©Vibizmedia

Beberapa pengguna mengakhiri kehabisan baterai dengan mencadangkan data WhatsApp mereka, mencopot aplikasi dari ponsel, memuat versi aplikasi pesan yang lebih lawas menggunakan file APK (2.19.291), dan memulihkan data yang dicadangkan.

Baca juga : Uninstall Sekarang, 7 Aplikasi Android Ternyata Mengadung Malware Berbahaya !

Solusi yang radikal adalah menghapus WhatsApp dan beralih ke platform chat lain seperti Telegram. Selain itu, kamu juga bisa memeriksa apakah aplikasi ini menguras baterai ponsel kamu dengan masuk ke Pengaturan > Baterai di ponsel Android kamu.

Kemudian ketuk pada menu burger tiga tombol di sudut kanan atas layar dan klik penggunaan baterai. Dibawah judul “Penggunaan Baterai Sejak Pengisian Penuh”, kamu bisa melhat berapa persentase pengguna baterai WhatsAPp kamu.

Jika angka itu terlalu tinggi mengingat seberapa sering kamu menggunakan aplikasi, kamu bisa mempertimbangkan solusi di atas.

Baca juga : Jangan Sembarangan, WhatsApp Mulai Blokir Grup Mencurigakan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here