Copyright©HarapanRakyat

Daftar Aplikasi Android Yang Terinfeksi Malware Dropper !

Newsth.com – Keamanan Android kini tengah menjadi sorotan. Bagaimana tidak belakangan ini aplikasi Android yang terdapat di Google Play Store banyak di temukan mengandung malware maupun adware yang berbahaya untuk HP Android.

Yups untuk itu buat kamu para pengguna HP Android harus berhati-hati menginstall aplikasi untuk perangkat kamu. Pasalnya banyak sekali aplikasi berisi virus jahat yang tersedia di Google Play Store. itu artinya developer kini berhasil mengelabui sistem keamanan Google.

Dan yang temuan terbaru dari Peneliti Wandera. Mereka menemukan 7 aplikasi Android berisi malware dropper. Aplikasi berbahaya ini akan menyuntikan malware ke dalam HP Android dan membuat pintu belakang (Backdroor) di perangkat agar bisa menginstall lebih banyak lagi malware dari pihak ketiga (third party).

Baca juga : Ganggu Banget? Inilah Cara Menghilangkan Iklan di Youtube Android dengan Mudah !

“Aplikasi ini didesain untuk didownload dan install APK dari repositori (penyimpanan) GitHub yang membuka pintu belakang pada perangkat bagi aplikasi dengan fungsi yang sama agar terinstall di ponsel,” ujar Wandera dalam situs resminya seperti dikutip, Kamis (14/11/2019).

Menurut peniliti Wandera, aplikasi Android jahat ini mengaburkan aksinya dengan baik. Aplikasi-Android  ini berhati melakukan komunikasi dengan GitHun dan menunggu di lakukan setup awal agar terhindari dari peneliti keamanan dan agen pendeteksi malware.

Copyright©Line Today

Biasanya adware yang terinstall akan menunggu sekitar 10 menit sebelum menjalankan fungsi berbahaya. Adware mampu menampilkan iklan video layar penuh yang sangat intrusive dan overlay tanpa interaksi pengguna.

Baca juga : Jangan Sembarangan, WhatsApp Mulai Blokir Grup Mencurigakan !

Hal ini bisa membuat baterai HP Android terkuras dan konsumsi data selular berlebihan. Bahkan aktor jahat yang berada di tujuh aplikasi ini bisa mengganti APK adware dengan jenis malware dengan serangan yang lebih serius.

Beruntungnya deretan aplikasi jahat ini belum terlalu banyak menjangkit di ponsel. 7 aplikasi Android ini baru terinstall 11.000 kali di Play Store sebelum akhirnya di hapus oleh Google. Berikut ini daftar aplikasinya.

  • PumpApp (Developer) – Magnifying Glass, Super Bright LED Flashlight
  • LizotMitis (Developer) – Magnifier, Magnifying Glass with Flashlight, Super-bright Flashlight
  • iSoft LLC (Developer) – Alarm Clock, Calculator, Free Magnifying Glass

jika deretan aplikasi Android terdapat di ponselmu, hapus sekarang juga guys!

Baca juga : Kabar Gembira, Hero Fighter Mage Terbaru Mobile Legends Ini Bakal Diberikan Secara Gratis !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here