Copyright©Grioto

Tidak ada yang persis mengetahui kapan keadaan terdesak butuh uang, terutama untuk kebutuhan wajib. Baik biaya sekolah, pengobatan rumah sakit, kebutuhan pokok harian dan sebagainya. Jika itu menimpa, segala hal akan rela dilakukan, termasuk di antaranya ialah gadai BPKB mobil.

Keuntungan Gadai BPKB Mobil

Pada dasarnya, menggadaikan BPKB mobil tidak hanya soal penjaminan pinjaman uang, tetapi juga memiliki banyak keuntungan. Setiap instansi yang melayani gadai, baik pegadaian, koperasi maupun bank, juga biasanya punya cara sendiri untuk menarik klien mereka.

Misalnya bila Anda menggadaikan BPKB di bak tertentu, perusahaan pembiayaan multiguna yang membantu mendapatkan pinjaman dana tunai cepat cair dengan jaminan BPKB mobil. Maka setidaknya ada 4 keuntungan yang didapat, yaitu:

  1. Peminjam masih dapat menggunakan mobil tersebut.
  2. Dana pinjaman gadai BPKB yang diterima bisa mencapai jumlah sesuai keinginan.
  3. Klien tidak perlu mengkhawatirkan jaminan BPKB yang telah diberikan.
  4. Dana cair dalam 2-3 hari saja.

Jenis-jenis Gadai Mobil

Banyak jenis gadai BPKB mobil yang bisa menjadi pilihan Anda, yaitu (sumber referensi):

  1. Kredit Cepat Aman (KCA)

Jenis pinjaman ini menawarkan Anda pinjaman mulai dari Rp.50.000,- hingga Rp.500.000.000,-, yang bisa diterima dalam bentuk tunai atau transfer langsung ke rekening. Waktu pelunasan hingga empat bulan, namun dapat diperpanjang hingga berkali-kali.

  1. Kreasi

Jenis ini menggunakan sistem fidusia, yakni kendaraannya tetap bisa digunakan. Namun, dengan syarat usaha tersebut sudah berjalan minimal satu tahun. Pinjaman mulai dari Rp.1.000.000,- hingga Rp.200.000,- dengan jangka waktu pinjaman mulai dari 12, 18, 24 hingga 36 tahun.

  1. Rahn

Buat Anda yang ingin mengajukan pinjaman secara syariah, bisa memilih pembiayaan dari produk Rahn. Selain dapat memberikan pinjaman dalam bentuk BPKB, Rahn juga menerima barang jaminan lainnya seperti emas, barang elektronik dan lainnya.

Jumlah pinjaman serta jangka waktu pelunasannya sama dengan produk pinjaman KCA, yaitu mulai dari Rp.50.000,- hingga Rp.500.000,- dengan jangka waktu pelunasan empat bulan dan bisa diperpanjang.

  1. Arrum

Arrum menerapkan sistem prinsip syariah, di mana semua proses dilakukan sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Jumlah pinjaman mulai dari Rp.1.000.000,- hingga Rp.200.000.000 dan tenor selama 12, 18, 24 dan 36 bulan.

Persyaratan Gadai BPKB Mobil

Syarat di sini ada 3 sesuai jenis gadai, yakni perorangan/karyawan, wiraswasta serta perusahaan. Perinciannya sebagai berikut:

  1. Perorangan/karyawan
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Slip Gaji
  5. Fotokopi bukti kepemilikan rumah
  6. Fotokopi Rekening Koran/Tabungan 3 bulan Terakhir
  7. Foto Copy STNK dan BPKB
  8. Wiraswasta
  9. Fotokopi KTP
  10. Fotokopi Kartu Keluarga
  11. Fotokopi bukti kepemilikan rumah
  12. Fotokopi Rekening Koran / Tabungan 3 bulan Terakhir
  13. Fotokopi NPWP
  14. Foto Copy SIUP dan TDP
  15. Foto Copy STNK dan BPKB
  16. Badan Usaha
  17. Fotokopi KTP
  18. Foto Copy Rekening Koran/ Tabungan 3 bulan Terakhir
  19. Fotokopi NPWP
  20. Fotokopi SIUP dan TDP
  21. Fotokopi Akta Pendirian dan Perubahan
  22. Fotokopi STNK dan BPKB

Kelengkapan dokumen sangat penting. Selain itu, harga mobil juga berpengaruh dengan nominal pinjaman yang bisa diperoleh. Semakin bagus dan muda tahun keluar kendaraan, semakin besar pula pencairan dana.

Demikian ulasan seputar gadai BPKB mobil, bagi Anda yang butuh uang cepat. Caranya tinggal datang ke instansi terkait dengan berkas-berkas tersebut. Setiap intansi punya batas jumlah & masa tenor tertentu yang seringkali tidak sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here