Copyright©Waspada Online

Daftar Aplikasi Android Adware Yang Ditemukan di Google Play Store !

Newsth.com – Beberapa hari lalu peneliti cyber security yakni ESET mengatakan bahwa mereka menermukan banyak aplikasi Android adware yang terdapat di Google Play Store. bahkan beberapa diantaranya sangat sukses di toko aplikasi untuk pengguna Android tersebut.

Sudah lebih dari 8 juta unduhan telah di hasilkan oleh sekiar 40 aplikasi Android adware yang berhasil di temukan ESET.

Menurut ESET tujuan utama aplikasi adware ini adalah untuk membawa iklan ke HP Android pengguna untuk menghasilkan lebih banyak uang dari iklan tersebut. aplikasi Adware sendiri berasal dari bahasa Inggris yakni Ad yang berarti iklan dan Ware berarti perangkat.

Baca juga : Cara Baca Chat WhatsApp Tanpa Ketahuan, Selain Matikan Centang Biru !

Pada dasarnya Adware merupakan suatu program iklan yang bertujuan menguntungkan satu pihak. Namun belakangan Adware lebih dikenal sebagai penyedia dan sumber utama malware atau perangkat lunak yang berbahaya. Tapi, banyak pengguna yang tak menyadari bahwa mereka sudah menginstall aplikasi-Android yang mengandung adware.

Jika kamu ingin memeriksa aplikasi mana yang bertanggung jawab untuk iklan yang ditampilkan, kamu bisa menampilkan “Aplikasi yang terakhir digunakan”. Selain itu untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut mengandung malware, biasanya mereka bersembunyi di ikon Facebook atau Google.

Copyright©Android Authority

Sementara itu aplikasi adware yang terdeteksi di Google Play Store mencakup jenis aplikasi yang sangat umum, salah satunya adalah Video Downloader yang biasanya di pakai untuk mengunduh video Youtube ke HP Android.

Baca juga : Update Besar PUBG Mobile Bakal Tiba Desember, Yuk Intip Bocoran Fitur Barunya !

Usai peneliti keamanan ESET menemukan aplikasi adware, pencarian mereka terus difokuskan ke Google Play Store. pasalnya kini pengembang pandai menyembunyikan Adware tersebut degan sangat rapi.

ESET lalu mengumumkan ada lebih dari 40 aplikasi Android yang mengandung Adware yang di temukan di Google Play Store. mereka mencakup beberapa kategori aplikasi. Penasaran kan apa saja? berikut ini lho daftarnya.

  • Smart Gallery
  • SaveInsta
  • Video Downloader Master
  • MP4 Video Downloader
  • Ringtone Maker 2019
  • Free Video Downloader
  • Water Drink Reminder

Dengan banyaknya aplikasi Android di Google Play Store yang mengandung adware, kamu harus lebih pintar sebelum menginstall aplikasi di HP Android-mu.

Baca juga : Direvemp, Hero Mage Tak Berguna Ini Jadi Sangat OP di Mobile Legends !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here