Copyright©Tribun

Newsth.com – Smartphone game terbaik biasanya dibekali dengan spesifikasi mumpuni. Namun lantaran speknya juga terbaik, harganya pun cukup tinggi. Bagi yang budgetnya pas-pasan tapi hobi main game online via smartphone, tips memilih smartphone gaming terbaik ini perlu diperhatikan.

Sudah banyak vendor smartphone yang mengeluarkan smartphone untuk memenuhi kebutuhan para gamer. Tidak semuanya mengeluarkan smartphone gaming mahal. Ada juga smartphone kelas menengah yang tak perlu membuat para gamer merogoh kocek lebih dalam. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kombinasi RAM dan prosesornya.

Prosesor kelas menengah misalnya, jika memiliki kapasitas besar, maka masih bisa digunakan untuk main Mobile Legends maupun PUBG, dua game populer yang sedang digandrungi saat ini.

Apabila menginginkan smartphone gaming terbaik, tapi dengan budget terbatas, dikutip dari https://www.harapanrakyat.com/, berikut tips memilih smartphone gaming terbaik:

Baca juga : Jarang Diketahui, Inilah Cara Merekam Panggilan WhatsApp di HP Android !

Ukuran Layar Minimal 5,5 Inch

Ukuran layar adalah yang pertama harus diperhatikan saat ingin membeli smartphone gaming terbaik. Setidaknya ukuran layar yang cocok untuk bermain game online adalah layar dengan ukuran minimal 5,5 inch. Jika ukurannya lebih, tentu makin baik.

Copyright©Eratekno

Hal ini mudah saja, mengingat banyak smartphone dengan ukuran layar 5,5 inch atau lebih. Apalagi sekarang banyak smartphone yang dirilis dengan layar cukup lebar.

Ukuran layar yang lebar berguna saat bermain game untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih luas. Namun, karena layarnya lebar, mungkin akan timbul kesulitan saat akan memasukkan smartphone tersebut dalam saku.

Resolusi Layar yang Disarankan Full HD 1080p

Selanjutnya ketika ingin membeli smartphone yang cocok untuk main game, maka perlu diperhatikan resolusi layarnya. Semakin tinggi resolusi layar sebuah handphone, maka akan semakin nyaman untuk mata saat bermain game.

Dalam hal ini, resolusi layar minimal untuk smartphone gaming adalah Full HD 1080p. Tentunya jika resolusinya lebih dari itu, maka akan jauh lebih baik.

Resolusi layar yang mempuni berpengaruh terhadap gambaran detail dari game yang dimainkan. Tetapi dengan resolusi layar yang tinggi bisa membuat beban prosesor pada handphone semakin berat. Selain itu, baterai pun akan terkuras dengan cepat.

Baca juga : Bocoran Spesifikasi Realme X2 Pro Terungkap, Seperti Apa?

Kapasitas RAM 4GB

Di awal telah disebutkan, kapasitas RAM sangat berperan penting dalam sebuah handphone gaming. Semakin besar RAM maka game yang dimainkan pun akan lebih maksimal.

RAM 4GB adalah kapasitas minimal yang bisa digunakan untu bermain game. Jika lebih dari 4GB tentu ini lebih baik. Namun, handphonde dengan RAM berkapasitas 3GB pun sebenarnya sudah bisa memainkan game. Tapi dengan RAM 4GB atau lebih tentunya lebih leluasa saat bermain game.

Kapasitasr RAM yang lebih besar akan membantu proses loading yang semakin cepat, selain out game yang dimainkan pun akan lebih stabil. Namun, perlu diingat, kapasitas RAM besar berbanding lurus dengan harga smartphonenya, artinya handphone dengan kapasitas RAM besar biasanya punya harga tinggi.

Copyright©Trusted Reviews

Baca juga : Pengen iPhone 11 Pro? Begini Lho Cara Mendapatkannya Secara Gratis !

Prosesor dan GPU

Sebagai otaknya smartphone, prosesor berperan penting. Biasanya prosesor ini dilengkapi dengan grafis bawaan.

Pada smartphone biasa, chipset yang digunakan dalam prosesornya kebanyakan adalah Qualcomm dan Mediatek. Sementara untuk handphone gaming lebih banyak yang menggunakan chipset Snapdragon.

Smartphone kelas menengah biasanya dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 625 atau di atasnya. Sekarang ini, Snapdragon 636 dan 660 dianggap sebagai prosesor terbaik untuk kelas handphone gaming.

Copyright©First Post

Namun, ada lagi prosesor kelas flagship contohnya Snapdragon 845 yang dianggap lebih baik untuk menunjang performa handphone saat bermain game.

Tapi perlu diingat juga, prosesor untuk handphone gaming perlu ditunjang dengan RAM yang memadai. Misalnya untuk budget terbatas bisa memilih handphone dengan spek prosesor Snapdragon 636 dengan RAM cukup 3GB. Kombinasi ini sudah cukup mumpuni untuk main PUBG ataupun Mobile Legends.

Baca juga : Cuma Sejutaan, 3 Smartphone Murah Ini Ngebut Banget Buat Main Mobile Legends !

Kapasitas Baterai Minimal 4000 mAh

Tips memilih smartphone gaming lainnya adalah perhatikan kapasitas baterai. Smartphone yang digunakan untuk bermain game online biasanya menguras baterai dengan cepat. Apalagi jika game yang dimainkan punya grafis tinggi.

Kapasitas baterai yang disarankan adalah baterai dengan kapasitas 4000mAh. Namun, baterai 3000mAh juga sudah mendukung untuk bermain game.

Copyright©Samsung

Bermain game dengan handphone berbaterai besar, tentunya tidak akan terganggu dengan notifikasi baterai lemah. Selain itu, tak perlu juga terus terusan mencharge baterai.

Namun, handphone dengan baterai berkapasitas besar, ukuran perangkatnya pun lebih besar. Sehingga terkadang sulit untuk dimasukkan ke dalam saku.

Penjelasan di atas, cukup untuk bekal para gamers dengan budget terbatas untuk mendapatkan Smartphone gaming terbaik. Terbaik speknya, terbaik pula harganya.

Baca juga : Rekomendasi Smartphone Murah Sejutaan Yang Layak Kamu Beli Diawal Bulan Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here