Copyright©henpontop

Cara Membersihkan Cache Yang Bikin HP Android Lemot !

Newsth.com – Pernah nggak sih performa HP Android tiba-tiba lelet? Tentu itu bikin kesel banget kan karena pekerjaan di smartphone akan tertunda.

Salah satu penyebab utama smartphone lemot biasanya menumpuknya file sampah atau cache yang tidak atau jarang sekali di bersihkan. File cache ini sendiri merupakan kumpulan file teks, gambar, video maupun file yang di perlukan untuk mempercepat kinerja sebuah aplikasi.

Meski punya banyak dampak baik, ternyata file cache ini juga memiliki dampak yang kurang baik bagi smartphone Android kamu lho. Karena tanpa kita sadari, file cache yang jarang di bersihkan akan semakin menumpuk dan memakan ruang penyimpanan.

Nah maka dari itu sebaiknya kamu harus rajin membersihkan file cache agar kinerja HP Android kamu nggak terganggu. Biasanya untuk membersihkan file cache diperlukan aplikasi pihak ketiga, tapi sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu coba lho, tanpa butuh aplikasi pihak ketiga. Caranya?

Baca juga : Redmi 8A Tiba dengan Baterai Jumbo, Harganya Cuma Rp 1jutaan, Mau?

Simak yuk langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yakni membuka kunci smartphone dan langsung menuju ke menu Settings atau Pengaturan.
  • Setelah kamu berada di menu Settings, lalu silahkan kamu masuk ke Manager Aplikasi.
Copyright©Rancahpost
  • Di tahap ini, kamu di haruskan untuk memilih beberapa aplikasi yang paling sering kamu gunakan di HP Android punyamu.
  • Setelah kamu selesai memilih aplikasi apa saja yang sering kamu pakai, kamu bisa langsung saja klik opsi Penyimpanan dan klik pada tombol Hapus Cache.
Copyright©Rancahpost
  • Apabila semua tahapan tersebut sudah kamu lakukan maka file cache yang menumpuk di smartphone Android kamu akan bersih tuntas sampai ke akar-akarnya.

Baca juga : Huawei Nova 5T Resmi Masuk Indonesia, Harganya Bikin Ngiler !

Yang perlu kamu tahu cara membersihkan file cache di atas merupakan cara manual yang mengharuskan kamu memilih aplikasi satu per satu.

Akan tetapi jika kamu nggak kamu ribet dan ingin membersihkan file cache di HP Android kamu dalam waktu yang singkat, kamu bisa memakai bantuan aplikasi pembersih cache yang banyak tersedia di Google Play Store serta bisa di unduh secara gratis.

Jadi kamu pilih yang manual atau dengan aplikasi? Semua tergantung kamu, tapi yang pasti cara itu bisa membuat kinerja HP Android kamu kembali lancar.

Baca juga : Tiba dengan RAM 4GB, Advan G3 Pro Dijual Rp 1jutaan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here