Copyright©Liputan6

Penelitian Ini Ungkap 2000 Aplikasi Android Berbahaya Nongkrong di Google Play Store !

Newsth.com – Untuk pengguna smartphone Android tentu sudah taka sing lagi dengan salah satu layanan milik Google yakni Google Play Store. Ya itu adalah marketplace yang di bangun oleh Google untuk menampung jutaan aplikasi Android baik yang di bangun oleh Google atau pengembang aplikasi pihak ketiga.

Dari Google Play Store, pengguna smartphone Android akan lebih mudah menemukan aplikasi yang di butuhkan dan ingin mendownload-nya ke dalam perangkat. Yang lebih enak, seluruh aplikasi yang tersedia telah diatur sedemikian rupa sehingga memberi rasa nyaman bagi penggunanya.

Tapi apakah kamu tak bahwa tak sedikit aplikasi yang ada di Google Play Store tidak aman untuk di gunakan? Yups, melalui sebuah study yang dilakukan selama dua tahun ditemukan sebanyak 2040 aplikasi berbahaya di Google Play store.

Baca juga : Anti Boros ! Ini Dia 4 Aplikasi Android Untuk Menghemat Kuota Internet Biar Nggak Cepat Habis !

Pada situs itu juga mencatat bahwa ada beberapa aplikasi Android yang berbahaya itu memerlukan sejumlah izin yang mencurigakan. Sementara itu sebagian lain di indikasikan sebagai malware. Ini adalah studi yang di buat ole University of Disney dan Data 61 dari CSIRO.

Copyright©Android Authority

Tak main-main, penelitian ini mencakup sekitar 1 juta aplikasi di Google Play dan di temukan sejumlah aplikasi palus yang bukan malware. Tapi aplikasi ini juga memerlukan izin untuk mengakses data yang tak memiliki korelasi dengan mereka.

Yang menarik dari sekian banyak aplikasi palsu, ada beberapa aplikasi atau game yang sering didengar yakni Hill Clim Racing atau Temple Run. Oleh sebab itu tak ada salahnya lho untuk lebih waspada dalam menggunakan aplikasi di Play Store.

Baca juga : Biar Aman ! 4 Aplikasi Android Pengelola Password Terbaik Untuk Amankan Kata Sandi Akunmu !

Sementara itu para peneliti memakai teknologi neural networks dan machine learning. Algoritma ini ditetapkan untuk mencari deskripsi teks yang sama dan ikon yang secara mirip dengan 10ribu aplikasi Android paling populer di Play Store.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan sebanyak 1.565 aplikasi Android  yang meminta setidaknya lima izin sensitive dan 1407 aplikasi menanamkan library iklan pihak ketiga. Tapi Google telah menghapus seluruh aplikasi yang diindikasikan berbahaya.

Google juga melaporkan bahwa jumlah pengiriman aplikasi yang ditolak meningkatkan lebih dari 55persen dibandingkan tahun lalu.

Baca juga : Pengen Jago Bahasa Asing Tapi Ogah Kursus? Ini Dia 3 Aplikasi Android Yang Cocok Buat Kamu !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here