Copyright©Fajar

Biar Memori Nggak Penuh, Ini Dia Cara Cek Grup WhatsApp yang Makan Banyak Memori !

Newsth.com – Mudahnya membuat grup di WhatsApp menjadikannya grup tersebut banyak menjemur di akunmu, mulai dari grup teman kerja, grup keluarga hingga grup alumn sekolah kamu.

Padahal semakin banyak grup yang di ikuti, akan semakin banyak juga memakan ruang memori pada perangkat kamu.

Hal itu bukan tanpa alasan, selain banyak pesan teks dari anggota yang bergabung, tak jarang grup juga di penuhi dengan kiriman foto, video stiker, dokumen atau GIF yang terunduh secara otomatis. Padahal jenis pesan multimedia itu lebih besar dibanding pesan teks biasa.

Lantas bagaimana caranya mengetahui grup WhatsApp mana yang bisa membuat memori perangkat semakin menipis? Di lansir dari Gadget Now beberapa waktu lalu cara ini yang bisa di lakukan oleh pengguna Android ataupun iOS dengan langkah yang sama.

Baca juga : Jangan Khawatir! Ini Dia Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir Sementara!

  1. Langkah pertama kamu harus menuju ke menu “Settings”, lalu pilih “Data and Storage Usage” kemudian pilih “Storage Usage”.
  2. Nantinya akan muncul daftar chat, baik grup maupun personal lengkap dengan informasi seberapa besar memori yang di gunakan. Daftar tersebut di urutkan dari chat dengan ukuran file paling besar hingga yang paling kecil.
  3. Dengan itu pengguna bisa mengecek di masing-masing chat, jenis file apa yang paling besar, apakah teks, multimedia atau lainnya.
Copyright©Tribun

Selain itu pengguna WhatsApp juga bisa membuat memori lebih lega dengan menghapus jenis-jenis file tertentu atau menghapus seluruh riwayat chat.

Baca juga : Sstt,, Ini Dia Cara Sembunyikan Chat WhatsApp Biar Nggak Ketahuan!

Sementara itu sebenarnya aplikasi besutan Facebook ini juga telah menyediakan pengaturan untuk mencegah multimedia terunduh secara otomatis sehingga para pengguna bisa memilah pesan mana yang penting untuk di unduh dan mana yang tidak. Caranya?

  • Caranya cukup mudah yakni dengan memilih “Settings” lalu pilih “Storage and Storage Usage”.
  • Kemudian pada “Media Auto-download”, pilih “When Using Mobile Data” dan tanggalkan di semua kotak jenis file multimedia.

Nah itulah tadi cara mengetahui grup WhatsApp mana yang memakan banyak memori di perangkat kamu, biar memori perangkat Android maupun iOS mu tidak cepat habis.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Baca juga : Pengan Pakai 2 Akun WhatsApp dalam 1 Smartphone? Begini Lho Caranya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here