Google Chrome
Copyright©Finroll

Mode Gelap Akhirnya Hadir untuk Google Chrome Android, Bagaiamana Cara Mengaktifkannya?

Newsth.com – Google nampaknya tak mau ketinggalan untuk berinovasi terhadap berbagai aplikasi besutannya. salah satunya adalah Google Chrome.

Ya baru-baru ini Google akhirnya meluncurkan mode gelap untuk Google Chrome Android dengan pembaruan 74.0.3729.112. Kendati demikian, opsi untuk mengaktifkan Mode Gelap tidak tersedia secara instan dan harus mengaktifkannya melalui bendera Chrome.

Seperti di kutip dari laman GSM Arena pada hari Senin, 29 April 2019 kemarin, untuk mengaktifkannya pengguna bisa mengklik tautan chrome://flags/#enable-android-night-mode pada bilah pencarian Chrome. Setelah itu, pengguna bisa mengklik daftar dropdown di bawah menu “Android Chrome UI dark mode”.

Baca juga : Banyak Saingan, Bagaimana Strategi Google Duo Hadapi Video Call WhatsApp cs?

Kemudian pilih di aktifkan dari daftar tersebut dan luncurkan ulang Chrome.

Setelah melakuakannya, kamu bisa mengaktifkan Mode Gelap dengan menuju ke Pengaturan > menu Mode Gelap.

Sebenarnya harus di akui, langkah-langkah yang harus di lakukan cukup panjang untuk sekedar membuat tampilan peramban menjadi gelap. Hal tersebut lantaran mode gelap pada Google Chrome untuk ponsel berbasis Android ini belum final.

Google Chrome
Copyright©Detik

Bahkan, mode ini sepertinya hanya menghitamkan tampilan utama dan pengaturannya saja. ketika masuk ke hasil pencarian, tampilannya sudah putih bersih lagi dengan hanya tab URL hanya masih hitam.

Sedangkan ketika masuk ke sebuah situs, warna tab URL-nya langsung menyesuaikan nuansa pada website tujuan. Hanya bagian pengaturan yang masih berwarna hitam. Bisa jadi, Google akan benar-benar menggulirkannya berbarengan dengan pengumuman kemunculan Android Q nanti.

Baca juga : Terus Berinovasi, Google Duo Rilis 4 Fitur Baru, Apa Saja?

Selain menghadirkan Mode Gelap, pembaruan ini juga menambahkan pintasan “Terjemahan” di menu yang memungkinkan Anda menerjemahkan dengan cepat ke bahasa yang Anda inginkan.

Namun perlu di ingat bahwa ini hanya terlihat ketika Google Chrome mendeteksi bahwa halaman web dalam bahasa yang berbeda dari bahasa default perangkat kamu.

Apabila pengguna belum melihat perubahan baru ini, kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu sudah memperbarui Chrome kamu ke versi terbaru di Google Play Store.

Bagaiamana apakah kamu tertarik mencoba fitur terbaru dari Google Chrome untuk Android ini?

Selamat mencoba!

Baca juga : Makin Kece, Kini Google Assistant Bisa Mendongeng untuk Pengguna Android dan iOS Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here