Copyright©CNet

4 Cara Aman Nonton Video Youtube Untuk Anak-Anak

Newsth.com – Seperti yang diketahui, bahwa Youtube adalah sebuah layanan streaming video yang telah menyediakan berbagai macam konten video mulai dari edukasi, informasi hingga hiburan. Platform yang dikembangkan oleh Google ini sendiri sangat mudah digunakan, dan bahkan bukan orangtua saja yang menggunakannya, melainkan anak-anak juga dengan mudah untuk mengakses-nya.

Baca Juga : Video ‘Prank’ dan ‘Challenge’ Berbahaya Tidak Diizinkan Tampil di Youtube

Kendati demikian, hal ini sepertinya cukup mengkhawatirkan, pasalnya ada kemungkinan secara tidak sengaja anak menonton video tidak sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembangnya. Dengan kondisi seperti itu akan merusak otak anak, karena bisa saja mereka menonton video yang menayangkan adegan kekerasan, perkataan kotor dan bahkan video tak pantas.

Copyright©HuffPost

Nah, terkait masalah tersebut sebenarnya orangtua bisa mengatasinya dengan mudah, yakni menggunakan aplikasi streaming video khusus untuk anak-anak bernama Youtube Kids. Dimana dalam aplikasi ini telah menyediakan fitur kontrol untuk mengamankan buah hati dari konten tak sesuai. Fitur kontrol apa saja yang disediakan? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

4 Tips Aman Nonton Video Youtube Untuk Anak-Anak

Buat Profil Anak

Dimana dalam aplikasi You Tube Kids ini memungkinkan orangtua bisa membuat 8 profil anak dengan preferensi tampilan mereka sendiri, rekomendasi dan pengaturan. Para orangtua bisa membuat profil terpisah untuk setiap anak, dan setiap profil menyediakan kumpulan preferensi dan rekomendasi untuk anak.

Manfaatkan Fitur Blokiran

Copyright©Komputer Kosan

Orangtua juga bisa memblokir video atau saluran yang dianggap tak pantas ditonton sang buah hati, jadi link yang ter-blokir akan terhapus dari semua profil anak. Atau bisa melaporkan video tak pantas di aplikasi.

Kontrol Pencarian

Orangtua juga bisa membatasi penelusuran video yang dicari oleh anak. Dan orangtua bisa melaporkan konten tak pantas tersebut untuk tinjauan cepat. Sementara untuk mematikan pencarian, alihkan pencarian ke dalam pengaturan.

Atur Timer

Copyright©Dailysocial

Orangtua juga bisa membatasi waktu, berapa lama anak bisa bermain dengan aplikasi, sehingga fitur timer ini nanti akan memberitahukan anak kapan waktunya berhenti menonton dengan menampilkan peringatan ramah dan menghentikan aplikasi saat sesi berakhir.

Nah, itulah beberapa fitur kontrol yang bisa diatur oleh setiap orangtua, agar sang buah hati tidak salah menonton video yang ditampilkan dalam layanan Youtube. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Youtube Bakal Hentikan Dukungan Berbagi Video Otomatis ke Dua Layanan Ini, Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here