Copyright©Mashable SEA

Youtube Melarang Video Tantangan Yang Membahayakan Muncul di Platform

Newsth.com – Seperti yang diketahui bahwa Youtube merupakan salah satu layanan streaming video yang paling populer dan digemari banyak orang, lantaran selalu menampilkan berbagai macam video, mulai dari video edukasi, informasi dan hiburan. Layanan ini sendiri sudah dipercaya banyak orang karena dapat menghadirkan video yang dibutuhkan pengguna.

Baca Juga : Cara Nonton Siaran Langsung di Aplikasi Youtube Dengan Mudah

Namun, baru-baru ini peredaran video usil ‘Prank’ dan tantangan (Challenge) berbahaya kini semakin banyak bermunculan di You Tube dan mulai banyak dikeluhkan oleh pengguna. Seperti video tantangan yang belakangan ini beredar adalah ‘Bird Box Challenge’, dimana tantangan ini terinspirasi dari film Netflix yang mengharuskan pemain melakukan kegiatan sehari-hari dengan menutup mata. Bahkan ada juga challenge berbahaya sebelumnya yang mana pemainnya ditantang memakan deterjen warna-warni, yakni ‘Tide Pod Challenge’.

Karena dinilai berbahaya, beberapa video tersebut sepertinya akan mulai berkurang, pasalnya Youtube telah melarang video tantangan berbahaya tersebut bertebaran di platform-nya. Hal ini diketahui setelah munculnya sebuah kebijakan baru yang diumumkan melalui media sosial Twitter, dengan menyebutkan bahwa, “Kami aka memperbarui pedoman eksternal kami untuk memperjelas bahwa tantangan seperti ‘Tide Pod Challenge’ atau ‘Fire Challenge’, yang bisa menyebabkan kematian atau yang sudah menyebabkan kematian, tidak mendapat tempat di Youtube,” jelasnya.

Kebijakan terbaru ini sendiri dihadirkan setelah seorang remaja asal Amerika Serikat diketahui mengalami kecelakaan saat melakukan ‘Bird Box Challenge’. Selain video challenge yang berbahaya, pihak You Tube sendiri juga melarang video usil atau yang sering disebut dengan video ‘Prank’  yang membuat korban percaya bahwa mereka sedang berada di situasi yang serius, “Kami tidak memperbolehkan prank yang membuat korban percaya bahwa mereka sedang berada dalam situasi fisik yang serius, misalnya prank tentang home invasion (pembobolaan rumah secara ilegal) atau baku tembak dengan berkendara,” tambahnya.

Bukan hanya video prank dan challenge saja, melainkan Youtube juga mengingatkan para kreator tentang penggunaan Thumbnail yang mengandung unsur pornografi atau kekerasan dan melanggar pedoman. Para kreator diberi waktu selama dua bulan untuk menghapusnya, namun jika lebih dari 90 hari, maka akun tersebut terpaksa harus dinonaktifkan.

Baca Juga : Youtube Bakal Hentikan Dukungan Berbagi Video Otomatis ke Dua Layanan Ini, Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here