Copyright©Kabar Games

5 Cara Mengatasi Smartphone Android Mati Total

Newsth.com – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern seperti sekarang ini, hampir setiap orang pastinya sudah memiliki Smartphone Android untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Mulai dari berkomunikasi, melakukan transaksi dan masih banyak lagi. Jadi, tak heran jika perangkat ini memang menjadi salah satu perangkat penting yang harus dibawa setiap orang kemana-mana.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Smartphone Android Berkualitas 2019 Dengan Harga Rp 1 Jutaan

Meskipun Smartphone memiliki banyak manfaat, namun ada kalanya perangkat ini juga kerap mengalami masalah, seperti contoh saat perangkat tidak bisa menyala atau mati total. Ada juga saat tampilan layar hitam padahal tombol power sudah ditekan cukup lama. Nah, jika kalian mengalami hal yang sama, sebaiknya jangan panik dulu, karena kali ini ada beberapa solusi yang harus kalian simak berikut ini.

5 Cara Mengatasi Smartphone Android Mati Total

Lakukan Power Cycle

Saat Smartphone kalian tiba-tiba tidak merespon dan tidak menyala, maka kalian bisa melakukan power cycle atau mencabut baterai secara langsung. Kemudian, tunggu beberapa detik, lalu coba pasang dan nyalakan kembali. Namun, jika Smartphone kalian memiliki baterai non-removable, bisa menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik hingga 10 sampai 30 detik.

Masalah Pada Charger

Copyright©pentoels

Masalah charger juga bisa menyebabkan perangkat tidak bisa diisi ulang, jadi tidak bisa menyala. Nah, sebaiknya kalian cek debu dan kotoran yang ada di port charger kalian serta pastikan kabel charger baik-baik saja atau bisa mengganti kabel tersebut.

Cek Kondisi Baterai

Penyebab selanjutnya bisa karena baterai yang kualitas-nya sudah menurun. Maka dari itu, kalian bisa coba cek baterai dengan cara charger Smartphone, jika ikon baterai muncul maka tidak ada masalah. Namun, jika tidak ada respon, bisa jadi baterai kalian bermasalah dan bisa menggantinya.

Periksa Layar

Untuk mengetahui kondisi layar, kalian bisa menekan tombol power selama 30 detik, dan tunggu reaksinya. Jika layar tidak menampilkan proses boot, maka bisa jadi layar kalian bermasalah.

Reset Perangkat

Copyright©Youtube

Jika semua cara-cara di atas belum berhasil, maka kalian bisa lakukan reset pada perangkat. Namun, sebelum melakukan reset, kalian bisa backup semua data terlebih dahulu untuk mengamankan-nya.

Seperti itulah cara mengatasi Smartphone Android mati total yang bisa kalian terapkan dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Mudah Banget! Begini Cara Ambil Foto 360 Derajat di Semua Smartphone Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here