Copyright©Vaaju

WhatsApp Akan Dilengkapi Fitur Fingerprint

Newsth.comWhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang sangat populer dan digemari banyak orang. Jadi tak heran jika layanan per-pesanan ini sudah digunakan hampir semua pengguna perangkat mobile sebagai media komunikasi utamanya. Sama seperti layanan pesan instan lainnya, aplikasi WA ini sendiri juga membutuhkan keamanan data dan privasi agar pengguna merasa nyaman dan aman dalam menggunakannya.

Baca Juga : Cara Menyimpan Pesan WhatsApp Saat Memori Smartphone Penuh

Namun, aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook ini sendiri kabarnya akan kedatangan iklan di dalamnya, namun data rekomendasi iklan tidak langsung diambil dari WA, melainkan aktivitas di layanan induknya yang memakai nomor sama. Namun, hal ini tidak menjamin data akan selamanya aman, lantaran mengingat pengalaman buruk yang dialami oleh Facebook sebelumnya.

Copyright©WABetaInfo

Untuk mengatasi keamanan data pengguna, baru-baru ini WhatsApp kembali dikabarkan sedang mengerjakan fitur otentikasi sidik jari sebagai sistem keamanan chat penggunanya. Sehingga orang lain tidak akan bisa mengetahui pesan tanpa seizin dari pemilik akun tersebut. Dan perlu diketahui bahwa fitur ini sendiri telah diungkapkan pertama kali setelah pengembang menghadirkan pembaruan WA untuk Android versi 2.19.3 di program beta.

Kendati demikian, fitur tersebut masih belum tersedia dan masih dalam tahap pengujian, jadi jika nantinya sudah resmi diluncurkan, maka pengguna bisa mencobanya melalui menu Settings >> Akun >> Privasi. Di bagian bawah akan muncul sub-menu ‘Authetication” yang bisa diaktifkan dengan cara memberi centang pada kontak hijau di kanan. Setelah fitur ini aktif, maka aplikasi WA sepenuhnya akan dilindungi, dan untuk membukanya, baik dari aplikasi, notifikasi harus menggunakan otentikasi sidik jari yang didaftarkan.

Namun, jika fitur keamanan pemindai sidik jari di WhatsApp ini susah untuk mendeteksi, maka pengguna bisa menggunakan kresidensial dari perangkat. Dan perlu diketahui bahwa fitur ini bukan hanya untuk pengguna Android saja, melainkan untuk pengguna iOS juga dan untuk versi Android yang bisa mencoba fitur ini minimal Android Marshmallow hingga yang terbaru.

Baca Juga : Ini Dia! 4 Trik Tersembunyi di Aplikasi WhatsApp Yang Perlu Diketahui!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here