Copyright©Nextren - Grid.ID

5 Kelemahan Aplikasi WhatsApp

Newsth.com – Seperti yang diketahui bahwa WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer dan banyak digunakan lebih dari 1 miliar pengguna. Jadi tak heran jika banyak orang yang bergantung pada aplikasi per-pesanan ini untuk berkomunikasi. Selain mudah digunakan, layanan pesan instan ini juga menghadirkan se-gudang fitur menarik di dalamnya.

Baca Juga : Tanpa Aplikasi! Begini Cara Mengubah Tampilan Chat Menjadi Gelap di WhatsApp

Meskipun aplikasi pesan instan ini dikenal memiliki fitur-fitur apik dan bermanfaat, namun ternyata aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook ini juga memiliki beberapa kelemahan dibanding dengan para pesaing-nya. Sebagaimana yang dilansir dari Business Today, bahwa setidaknya ada 5 kelemahan yang dimiliki WhatsApp. Apa saja? Langsung simak nih, berikut 5 kelemahan WA yang perlu diketahui.

5 Kelemahan Aplikasi WhatsApp Yang Perlu Diketahui

Menurunkan Kualitas Foto

Kelemahan pertama dari aplikasi ini adalah menurunkan kualitas foto. Hal ini mengakibatkan foto yang dikirim menjadi blur, dan tidak jelas, bahkan terlihat pecah.

Hanya Bisa Diaktifkan di 1 Perangkat Saja

Copyright©tribun

Kelemahan yang kedua adalah hanya bisa diaktifkan dalam 1 perangkat saja, jadi aplikasi ini tidak bisa diaktifkan dengan perangkat lain, seperti tablet atau PC. Memang sih sudah tersedia WA Web, namun hal ini terbilang sia-sia, karena WA Web juga memiliki kelemahan tersendiri. Simak kelemahannya disini.

Hal ini sangat berbeda dibanding aplikasi lain seperti Facebook dan Telegram yang bisa digunakan di semua perangkat secara bersamaan.

Privasi

Seperti yang diketahui bahwa WA membuat nomor telepon kita bisa diakses oleh publik dan bisa menghadirkan beberapa masalah terkait privasi. Jadi, hampir semua orang bisa mendapatkan nomor pribadi kita melalui WA, dan seharusnya WA ini menggunakan nama pengguna untuk menghubungkannya dengan nomor telepon saja.

Chat Log Tidak Aman

Transkip percakapan WA biasanya disimpan di SD card, dan mungkin saja bisa dengan mudah dibaca aplikasi lain. Apalagi kebanyakan orang akan memberikan izin akses ke semua aplikasi di ponsel mereka.

Tidak Ada Lock/ Unlock

Copyright©Appsftw

Kelemahan yang terakhir adalah tidak memiliki pengunci. Sehingga semua orang akan mudah mengetahui informasi pribadi ketika mereka meminjam ponsel kita. Padahal sudah banyak aplikasi pesan instan yang menyematkan otoritas sidik jari, namun WA belum menghadirkan-nya.

Kendati demikian, belakangan ini WhatsApp Beta untuk iOS kabarnya sudah menerima otentikasi sidik jari. Namun, untuk pengguna Android belum diluncurkan, jadi jika fungsi tersebut akan muncul di semua pengguna, maka kelemahan kelima tersebut telah diatasi.

Baca Juga : Cara Menyimpan Pesan WhatsApp Saat Memori Smartphone Penuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here