Copyright©tribun

Tips Mencegah Berita Hoax Dari WhatsApp

Newsth.comWhatsApp merupakan aplikasi per-pesanan paling populer dan banyak digunakan, jadi tak heran jika platform ini menjadi sarang penyebaran berita hoax dan penipuan. Terlebih aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook ini sudah memiliki pengguna lebih dari 1 miliar, jadi lebih mudah untuk menyebarkan berita palsu.

Baca Juga : Belum Tahu? Berikut 4 Cara Mudah Membuat Akun WhatsApp Tanpa Nomor HP!

Namun, terkait hal itu pihak WA sendiri telah memberikan beberapa tips agar penyebaran berita hoax atau palsu bisa diatasi oleh penggunanya. Setidaknya ada 5 tips anti-hoax yang bisa dilakukan oleh penggunanya. Penasaran? Langsung saja simak nih, berikut ini 5 tips untuk mencegah berita hoax atau palsu dari WA.

5 Tips Cegah Berita Hoax Dari WhatsApp

Pahami Pesan Dengan Label ‘Diteruskan’

Copyright©IDN Times

Saat kalian mendapatkan pesan dengan label ‘Diteruskan’, maka kalian perlu memahami ulang fakta isi pesan tersebut untuk mengetahui siapa yang pertama kali menuliskan pesan tersebut.

Periksa Foto dan Media Dengan Teliti

Perlu diketahui bahwa foto dan video bisa diedit untuk menyesatkan kalian, maka kalian bsia mencari sumber berita yang dapat dipercaya untuk memeriksa apakah cerita tersebut juga diberitakan sumber lain atau tidak.

Perhatikan Pesan Yang Aneh

Copyright©tribunnews

Untuk mengetahui pesan yang mengandung hoax atau berita palsu, kalian bisa ketahui dengan ejaan yang salah. Dan biasanya cerita yang tampak sulit dipercaya bisa jadi tidak benar, jadi kalian bisa pastikan terlebih dahulu sebelum membagikannya.

Berita Palsu Sering Menjadi Viral

Meskipun pesan telah dibagikan berkali-kali dan menjadi viral, namun hal ini tidak menjadikan pesan tersebut benar adanya, maka jangan teruskan pesan hanya karena pengirim meminta kalian untuk melakukannya.

Bantu Menghentikan Penyebaran

Jika kalian sudah mengetahui bahwa berita itu palsu, maka kalian wajib memberitahukan orang lain yang telah mengirim pesan tersebut dan memintanya untuk memverifikasikan informasi sebelum membagikannya dengan pengguna lain.

Nah, itulah beberapa tips untuk mencegah berita hoax atau palsu dari WhatsApp yang bisa kalian lakukan agar berita palsu tidak lagi tersebar. Dan perlu diingat, jangan membagikan pesan hanya karena seseorang meminta kalian untuk melakukannya, serta jika grup atau kontak kalian membagikan berita palsu terus-menerus, sebaiknya laporkan saja. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Tips Agar Akun WhatsApp Tetap Aman Saat Smartphone Hilang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here