Copyright©Facebook

Cara Facebook Menjaga Server Messenger Agar Tidak Jebol

Newsth.com – Tahun Baru 2019 tinggal menghitung jam saja, setiap pengguna aplikasi media sosial khususnya Facebook Messenger seringkali mengirimkan pesan yang berisi ucapan Selamat Tahun Baru ke teman atau saudara serta pengguna lainnya saat momen pergantian tahun telah tiba.

Baca Juga : Foto Dan Kontak Tetap Aman, Begini Cara Menghapus Akun Facebook Dengan Benar

Pengguna Messenger sendiri pastinya tidak sedikit dan jika semuanya mengirimkan pesan secara bersamaan pada malam pergantian tahun, tentu lalu lintas pesan akan semakin meningkat, tidak menutup kemungkinan server bisa jebol atau tidak mampu melayani lalu lintas data. Namun, terkait hal ini, sepertinya Facebook sudah menyusun strategi untuk mencegah lonjakan traffic di aplikasinya saat menjelang malam tahun baru tersebut. Seperti apa? Penasaran? Untuk itu langsung simak ulasannya berikut ini.

Cara Facebook Menjaga Server Messenger

Uji Coba Beban Server

Upaya pertama yang dilakukan adalah dengan menguji coba beban server sebelum malam Tahun Baru. Dimana media sosial raksasa ini akan membuat simulasi dengan mengirimkan pesan ke sesama pengguna Messenger. Tim Messenger sendiri juga menyediakan server tambahan untuk mengalihkan pesan yang masuk untuk mencegah jebol-nya server.

Mode Low-Priority

Copyright©engadget.com

Kemudian, upaya yang kedua adalah dengan mode low-priority untuk memprioritaskan, memilah dan memilih fitur mana yang akan dimatikan dulu untuk mengurangi tekanan dan beban seperti mematikan tanda bulatan hijau ‘online’ untuk meringankan beban. Dengan begitu pesan keluar dan masuk bisa lebih cepat diterima tanpa adanya lag.

Schedule dan Batch

Untuk upaya yang terakhir adalah dengan menggarap proyek ‘Schedule’ untuk menyatukan beberapa pesan yang isinya mirip. Jadi, dengan penyatuan berprinsip ‘afinitas’ ini bisa meringankan beban server, karena pesan serupa akan dikirim secara grup.

Itulah beberapa upaya Facebook untuk menjaga server Messenger saat malam Tahun Baru nanti. Server FB sendiri sebelumnya mampu menangani miliaran pengguna yang mengirim pesan ucapan di tahun 2018, dan jika kali ini Messenger mengalami lag karena banyak pesan yang dikirim secara bersamaan, maka salah satu dari ketiga cara tersebut akan menjadi alternatif untuk mengatasinya.

Baca Juga : Biar Aman! Begini Cara Agar Nomor Kontak WhatsApp Tidak Diintai Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here