Copyright©BRI Poin

Cara Mudah Amankan Data Smartphone Ketika Liburan

Newsth.com – Musim liburan kini telah tiba, dimana momen ini saatnya para karyawan meninggalkan aktivitas kerjanya untuk mencari kenyamanan sejenak. Namun, menurut data Kaspersky Lab, momen ini biasanya menjadi masa yang cukup rentan bagi pengguna perangkat Smartphone untuk terkena serangan hacker. Dan biasanya pencurian data pribadi akan menjadi tujuan utama dari serangan penjahat siber.

Baca Juga : Belum Tahu? Ini Loh Kode Rahasia Untuk Mengakses Menu Tersembunyi Di Smartphone Android

Hal ini diketahui dari laporan Kaspersky Lab, bahwa ada beberapa penyebab terjadinya pencurian pada perangkat mobile seperti Smartphone, tablet hingga Laptop saat liburan. Hal ini bisa terjadi ketika pengguna yang sering memanfaatkan jaringan WiFi publik yang gratis dan terlihat aman, padahal ini sangat be-resiko kepada keamanan data.

Bukan hanya itu, saat liburan tentu akan semakin banyak yang menggunakan pengisian USB di stasiun, terminal, bandara serta di Mall. Karena jika pengguna menyambung-kan perangkat melalui USB ini bisa menjadi salah satu jalan hacker untuk mencuri data dari perangkat dengan menginfeksinya melalui perangkat lunak berbahaya.

Copyright©BYOD Security (Foto: PCWorld/ThinkStock)

Nah, bagi kalian yang ingin merasa tenang saat liburan, sebaiknya amankan data penting kalian terlebih dahulu dengan beberapa tips dari Kaspersky Lab berikut ini:

  • Cara pertama adalah dengan selalu melakukan backup dan mengamankan informasi pribadi seperti foto, kartu bank agar terhindar dari pengintai.
  • Cara kedua, kalian bisa aman-kan data dengan enkripsi, otentikasi dua faktor dan memberikan kata sandi yang kuat.
  • Dan ada lagi, jangan sampai kalian bergantung dengan jaringan Wi-Fi publik, meskipun gratis. Namun, jika terpaksa harus menggunakannya, maka aktifkan fitur VPN agar keamanan lebih terjaga.
  • Jangan lakukan pengisian Smartphone pada stop kontak langsung dan tidak melalui USB.
  • Dan yang terakhir adalah dengan memanfaatkan anti virus terpercaya agar tidak kehilangan data penting kalian.

Nah, itulah beberapa Cara penting yang bisa membantu kalian dalam mengamankan data penting di masing-masing Smartphone kalian, jadi dengan begitu liburan kalian akan merasa tenang tanpa khawatir terkena serangan penjahat siber. Semoga bermanfaat dan selamat liburan!

Baca Juga : Awas Bahaya, Perhatikan 5 Hal Ini Untuk Menghindari Kejadian Smartphone Meledak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here