Copyright©Smartphone

Cara Mudah Meningkatkan Kinerja RAM Smartphone Android

Newsth.com – Bukan hanya perangkat desktop, tetapi Smartphone Android tentunya dibekali dengan ruang penyimpanan sementara atau yang kerap dikenal sebagai RAM. Dimana RAM ini memungkinkan pengguna bisa mengakses banyak hal dan membuat perangkat menjadi multitasking, dan biasanya ini dipakai untuk menyimpan berbagai macam data dari aplikasi yang masih aktif. Nah, kalian pernah nggak sih ngrasa Smartphone yang dipakai semakin lambat? Hal ini bisa jadi karena kapasitas RAM kalian sudah semakin sedikit loh!

Baca Juga : Cara Menghapus Malware di Smartphone Android Tanpa Meninggalkan Jejak!

Ya, dengan semakin sempit-nya penyimpanan, ternyata mampu membuat kinerja Smartphone kalian semakin lambat. Nah, untuk mengatasi hal ini sepertinya kalian harus mengurangi beban dalam Smartphone. Seperti apa? Langsung saja, berikut ini ada beberapa tips membuat RAM semakin lapang, sehingga kinerja RAM Smartphone bisa lebih ngebut.

Cara Meningkatkan Kinerja RAM Smartphone Android

Nonaktifkan Animation

Copyright©Liputan6

Untuk melakukan cara ini, kalian bisa mengaturnya dengan bertindak sebagai Developer option melalui Setting >> About Phone, ketuk Build Number hingga 7x hingga kalian menjadi pengembang. Kemudian, kalian bisa masuk ke Setting ponsel dan gulir ke bawah menuju Developer Options.

Kemudian, kalian bisa masuk ke ‘Drawing section’ dan matikan opsi, seperti Windows animation scale, Transition animation scale dan Animation duration scale.

Nonaktifkan Aplikasi

Copyright©Liputan6

Pilih aplikasi mana saja yang harus dan tidak harus berjalan di latar belakang, maka performa Smartphone bisa menjadi lebih baik. Untuk mengaturnya, kalian bisa masuk ke menu Setting >>Aplication Manager, dan masuk kalian bisa memilih aplikasi yang jarang dipakai untuk dinonaktifkan atau yang uninstall aplikasi tak terpakai.

Nonaktifkan Widget dan Live Walpaper

Copyright©Liputan6

Dan yang terakhir adalah dengan menonaktifkan widget dan live wallpaper untuk mengoptimalkan RAM, karena penggunaan ini bukan hanya menurunkan performa perangkat, melainkan juga menguras baterai.

Itulah cara meningkatkan kinerja RAM Smartphone Android yang bisa kalian terapkan dengan mudah, sehingga performa perangkat kalian akan semakin optimal karena RAM tidak terbebani. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Gokil! Ini Dia 5 Aplikasi Kamera Tembus Pandang Terbaik di Smartphone Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here