Copyright©teqnoforia.com

Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone Agar Lebih Tahan Lama

Newsth.com – Di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, tentunya hidup tanpa Smartphone merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan. Bahkan jika baterai ponsel tersebut sudah lemah, maka mereka akan segera mencari colokan untuk mengisi daya atau mengecas-nya.

Baca Juga : Cara Menghapus Malware di Smartphone Android Tanpa Meninggalkan Jejak!

Baterai yang awet bertahun-tahun ini sendiri juga menjadi idaman setiap pengguna ponsel, dan bahkan beberapa pengguna melakukan berbagai cara untuk memperpanjang usia ponsel. Seperti melakukan hal-hal yang diyakini bisa membuat baterai ponsel lebih awet dengan mengecas-nya hingga 100 persen semalaman dan mengecas-nya ketika daya benar-benar habis. Padahal cara tersebut sebenarnya bisa memangkas usia ponsel.

Nah, ingin tahu cara yang benar untuk membuat baterai lebih tahan lama? Jangan bingung, karena berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk memperpanjang usia baterai. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone Dengan Benar

Jangan Tunggu Baterai Hingga Benar-Benar Habis

Copyright©tokopedia

Jika kalian ingin baterai lebih tahan lama, sebaiknya hindari pengecesan dari 0% hingga 100%. Karena akan membutuhkan waktu yang lama, jadi beberapa orang akan memilih untuk mengecas-nya semalaman, padahal ini akan menyebabkan timbulnya lapisan lithium metalik yang bisa mengurangi stabilitas baterai dan sistem bisa reboot karena daya diisi terus-menerus.

Jangan Isi Daya Hingga Penuh

Copyright©wireless

Kebanyakan pengguna Smartphone tentu akan mengisi daya baterai hingga 100% agar lebih awet, namun untuk baterai lithium-ion modern yang tertanam di HP saat ini, hal tersebut hanya mitos. Pasalnya, saat daya baterai semakin mendekati kosong, maka baterai Li-ion menarik arus secara konstan dan beroperasi pada tegangan lebih rendah sehingga perlahan-lahan akan meningkat seiring pengisian daya yang berlangsung dan naik daya pada level 70%. Padahal pengisian dengan tegangan rendah adalah yang terbaik untuk usia baterai.

Maka dari itu, sebaiknya isi daya baterai dimulai dari kisaran 30% hingga 80% saja agar voltase atau tegangan tetap rendah dan baterai lebih awet.

Hindari Penurunan Baterai Secara Drastis Ketika Dicas

Copyright©kompas

 Dan yang terakhir ini adalah menghindari penurunan baterai secara drastis dengan cara menonaktifkan ponsel agar tidak ada aktivitas ponsel selain pengisian daya. Namun, jika memang butuh untuk menggunakannya saat di-cas, maka gunakan sebutuhnya saja agar beban kerja ponsel tidak terlalu berat.

Nah, itulah beberapa tips mengisi daya baterai Smartphone yang bisa kalian terapkan agar usia baterai bisa tahan lama dan tetap terjaga. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Biar Makin Ngebut, Begini Cara Perkuat Sinyal di Smartphone Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here