Copyright©blackxperience.com

22 Aplikasi Android Dihapus Google Karena Boros Baterai dan Kuota

Newsth.com – Baru-baru ini Google kembali dikabarkan tengah menghapus sekitar 22 Aplikasi Android yang dianggap terjangkit malware dari Play Store. Dimana deretan aplikasi tersebut diduga bisa menguras daya baterai dan kuota internet pengguna. Hal ini sendiri merupakan salah satu upaya Google untuk membersihkan malware yang ada dalam layanan-nya.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Android yang Banyak Sedot Kuota Internet

Perlu diketahui bahwa ke-22 aplikasi yang dihapus tersebut ternyata secara diam-diam menampilkan iklan dengan berkamuflase sebagai sebuah antarmuka aplikasi lain dan aplikasi tersebut secara tidak diketahui telah mengunduh file dari latar belakang Smartphone android. Aplikasi yang berisi malware ini sendiri pertama kali diungkapkan oleh perusahaan anti-virus  Sophos.

Saat mendownload di Play Store, beberapa Aplikasi Android ini memang terlihat tidak berisi malware di dalamnya, akan tetapi malware ini ditambahkan melalui update atau pembaruan perangkat lunak. Sehingga dapat dikatakan bahwa penyusupan malware pada aplikasi ini menggunakan cara tersebut dari sebelumnya aplikasi tersebut benar-benar aman, menjadi sangat berbahaya hanya karena sebuah pembaruan yang diberikan.

Copyright©Tribunnews

Namun perlu diketahui bahwa sebelum aplikasi-aplikasi yang berisi malware ini dihapus oleh Google, ternyata sudah ada keluhan dari beberapa pengguna, dimana aplikasi tersebut memboyong iklan terus menerus. Parahnya lagi, aplikasi-aplikasi yang berisi malware itu diklaim cukup berbahaya, karena saat pengguna hendak menutup aplikasi tersebut, maka secara diam-diam aplikasi akan tetap berjalan di latar belakang dan menguras daya baterai serta kuota internet pengguna.

Adapun 22 aplikasi tersebut adalah, Sparkle FlashLight, Snake Attack, Math Solver, ShapeSorter, Tak A Trip, Magnifeye, Join Up, Zombie Killer, Space Rocket, Neon Pong, Just FlashLight, Table Soccer, Cliff Diver, Boc Stack, Jelly Slice, AK Blackjack, Color Tiles, Animal Match, Roulette Mania, HexaFall, HexaBlock, dan Pair Zap.

Nah, bagi pengguna yang sudah terlanjur memasang beberapa diantara aplikasi tersebut, maka mereka harus mencopot kembali secara manual. Karena malware yang tersematkan dalam Aplikasi Android tersebut bisa saja masih berfungsi meskipun sudah dihapus keberadaannya dari toko aplikasi.

Baca Juga : Biar Cepet Fasih, Berikut 4 Aplikasi Android Untuk Belajar Bahasa Korea Dengan Baik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here