Copyright©MakeMac - Grid.ID

Kini Pengguna Instagram Bisa Kirim Pesan Suara Layaknya WhatsApp

Newsth.com – Setelah melakukan uji coba beberapa waktu lalu, kini Instagram akhirnya resmi merilis sebuah fitur voice messaging atau disebut dengan ‘Walkie-Talkie’. Dimana fitur baru yang dihadirkan ini ternyata hampir sama dengan voice note di WhatsApp yang memungkinkan pengguna bisa mengirim pesan berupa suara, jadi pengguna tak perlu repot-repot mengetik pesan. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Baca Juga : Cara Membagikan Instagram Stories Langsung Ke Status WhatsApp Dengan Mudah

Untuk menggunakan fitur baru dari Instagram ini sebenarnya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

Copyright©TechCrunch
  • Pertama-tama, pastikan kalian sudah melakukan update pada aplikasi IG melalui play store. Dengan begitu, antarmuka Direct Message (DM) akan muncul ikon bergambar mikrofon yang berada di samping kiri ikon untuk mengirimkan foto dari galeri.
  • Setelah itu, kalian bisa langsung menekan dan menahan tombol mic tersebut, hingga kotak berlatar ‘Message’ berubah menjadi warna biru dengan gelombang putih untuk merekam suara.
  • Jika sudah selesai merekam, kalian bisa melepaskan tombol mic untuk melanjutkan mengirimkan suara tersebut ke teman atau saudara yang sedang di DM secara satu per satu, atau bisa juga mengirimkannya ke grup chat IG.
  • Selesai deh.
Copyright©TechCrunch

Pada dasarnya, fitur ini serupa dengan fitur Voice Note yang ada di layanan chatting WhatsApp sejak lama, yang kini akhirnya dihadirkan dalam platform IG. Bukan hanya cara penggunaan, tetapi fitur ini juga memiliki kemampuan yang sama, dimana pengguna bisa membatalkan perekaman suara dengan menggeser jarinya saat sedang melakukan perekaman ke tombol berlabel tempat sampah yang letaknya di bagian kiri kolom.

Berbeda dengan WhatsApp, fitur baru IG ini memiliki batasan waktu selama satu menit saja dan pesan suara ini sifatnya permanen di antarmuka DM, berbeda dengan pesan foto yang bakal hilang setelah dilihat oleh penerima.

Dengan adanya fitur ini tentu akan mempermudah penggunanya yang suka menggunakan ponsel tanpa memegang-nya alias menggunakan hand-free saat sedang mengendarai mobil atau motor, karena dengan ini mereka tidak perlu mengetik-kan pesan ketika membalas pesan.

Baca Juga : Mudah Dan Gratis! Begini Cara Cepat Menambah Follower Banyak di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here