Copyright©Liputan6

Cara Mudah Hapus Malware Secara Tuntas di Smartphone Android

Newsth.com – Seiring dengan perkembangan zaman, kini jumlah pengguna Smartphone Android semakin banyak. Hal ini membuat risiko keamanan dari sistem operasi menjadi semakin meningkat. Dimana sekarang pun banyak tangan-tangan usil yang menyematkan file jahat ke dalam aplikasi dengan tujuan untuk mengeksploitasi perangkat pengguna.

Baca Juga : 5 Aplikasi Antivirus Android Terbaik Yang Layak Kamu Miliki!

Malware (Malicious Software) sendiri menjadi salah satu program berbahaya yang sering disisipkan ke dalam file jahat untuk menelanjangi perangkat Android. Seperti yang diketahui bahwa Malware ini adalah sebuah perangkat lunak jahat yang digunakan untuk merusak sistem dari dalam perangkat. Maka dari itu, pengguna disarankan untuk memasang anti-virus pada perangkatnya agar tidak terjangkit penyakit mematikan tersebut.

Copyright©Tribunnews.com

Namun, jika perangkat kalian ternyata sudah terserang malware dan bingung untuk menghapusnya, jangan khawatir! Karena kali ini ada beberapa langkah yang bisa kalian gunakan untuk menghapus malware di Smartphone Android tanpa meninggalkan jejak. Simak selengkapnya disini.

Cara Hapus Malware Dengan Tuntas di Android

Matikan Perangkat Android

Copyright©Jalantikus

Jika kalian sudah yakin bahwa perangkat Android kalian telah diserang oleh Malware, maka matikan perangkat untuk menghambat pergerakan malware. Dan aplikasi apa saja yang mencurigakan dalam perangkat.

Masuk ke Mode Aman

Mode aman ini biasanya akan muncul saat kalian menekan tombol power beberapa saat. Safe mode ini akan membatasi koneksi yang ada, jadi bisa membatasi pergerakan malware. Jika tidak menemukan mode ini, maka kalian bisa gunakan airplane mode.

Hapus Aplikasi Berisi Malware

Copyright©supprimer-spyware.com

Jika sudah berada di mode aman, kalian bisa cari aplikasi yang mencurigakan dan terindikasi berisi malware. Jika aplikasi sudah ketemu, maka uninstall aplikasi tersebut. Selain itu, kalian perlu menghapus aplikasi mencurigakan lainnya, karena banyak malware yang bisa membuat perangkat mengunduh aplikasi secara otomatis.

Namun, jika malware tersebut mengunci aplikasi dan tidak bisa dihapus, maka masuk ke menu Settings>> Lock Screen and Security >> pilih Other security settings>> dan pilih Phone Administrator.

Download Anti-Malware

Setelah aplikasi yang berisi malware telah terhapus, maka restart perangkat dan keluar dari mode aman. Kemudian, download program anti-malware di Play Store.

Nah, itulah beberapa langkah untuk menghapus malware di Smartphone Android dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Jangan Pernah Download Game Mobile Legends APK, Ini Alasanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here