Copyright©idexiaomi

Cara Mudah Format Kartu SD di Smartphone Android

Newsth.com – Salah satu masalah yang bisa menyebabkan kartu SD rusak atau tidak bisa terbaca adalah adanya virus yang menyerang. Untuk mengatasi hal seperti ini, beberapa pengguna Smartphone Android akan menggunakan cara alternatif, yakni dengan melakukan format pada kartu SD agar bersih dari virus dan terlihat seperti baru.

Baca Juga : Ampuh! Begini Cara Menyembunyikan Aplikasi di Smartphone Android Dengan Mudah

Namun, kebanyakan pengguna mungkin akan melakukan format kartu SD tersebut melalui PC atau laptop. Padahal sebenarnya mereka bisa memformat microSD miliknya melalui Smartphone. Kendati demikian, sebagian pengguna belum mengetahui cara melakukan format kartu memori secara langsung di ponsel.

Nah, bagi kalian yang belum mengetahui cara melakukan format microSD di ponsel Android, sebaiknya simah nih, Berikut cara Format Kartu SD di Android yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah dan aman.

Cara Format Kartu SD di Smartphone Android Dengan Mudah dan Aman
  • Pertama-tama, kalian bisa masuk ke menu Settings dan pilih Storage untuk mengakses penyimpanan Smartphone. Kemudian, kalian bisa lanjutkan dengan tap pada pilihan Portable Storage untuk membuka penyimpanan eksternal.
Copyright©Jalantikus
  • Setelah masuk dalam tampilan penyimpanan eksternal, maka kalian bisa tap ikon tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas dan lanjutkan dengan memilih menu Storage Settings.
Copyright©Jalantikus
  • Dalam menu Storage Settings ini akan menampilkan jumlah penyimpanan yang digunakan dan total kapasitas yang tersedia. Dan untuk memformat memori, kalian bisa pilih Format. Dengan begitu, kalian akan membersihkan data yang ada dalam memori dan menjadikannya seperti baru. Untuk memulai proses format, kalian bisa tap Erase & Format.
Copyright©Jalantikus
  • Proses format kartu SD akan berjalan secara otomatis, maka tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan tap Done untuk mengakhirinya. Perlu diingat, bahwa cara format ini bisa kalian lakukan pada Smartphone Android dengan OS murni tanpa kustomisasi. Namun, tak perlu bingung karena semua HP Android memiliki cara yang hampir sama.

Seperti itulah cara melakukan format kartu SD di Smartphone Android yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah dan aman. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Cara Copy Paste Tulisan Dari Gambar di Smartphone Android Dengan Mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here