Copyright©Androidbuntu

Berikut Cara Mudah Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android

Newsth.com – Setiap HP Android tentunya membutuhkan SIM Card agar bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan teman atau saudara. Namun, pernahkah kalian mengalami SIM Card yang tiba-tiba tidak bisa terbaca? Kejadian seperti ini tentunya membuat kita merasa jengkel terlebih pada saat yang darurat.

Baca Juga : Cara Mudah Membuka HP Android Yang Terkunci/ Lupa Kata Sandi

Namun, jika mengalami hal seperti ini sebaiknya kalian ketahui beberapa penyebabnya seperti Usia pakai SIM Card yang sudah terlalu lama, kuningan SIM Card yang sudah rusak dan bisa juga karena SIM Card Overheat. Jika sudah mengetahui penyebabnya kalian bisa coba untuk mengatasinya dengan cara berikut ini.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android

Copyright©justaskgemalto.com

Bersihkan SIM Card

Cara mengatasinya yang pertama adalah dengan membersihkan SIM Card. Buka dan lepaskan kartu SIM tersebut, kemudian bersihkan dari debu-debu mikro yang mengganggu kinerja SIM Card. Jika sudah pasang kembali kartu SIM pada Smartphone dan tunggu hingga kartu SIM menanggapi.

Matikan Ponsel Dan Coba Kartu SIM Lain

Coba gunakan kartu SIM lain pada ponsel kalian, karena bisa jadi yang rusak bukan kartu SIM, melainkan perangkat kalian.

Atur Ulang Jaringan

Dengan jaringan yang sedang error, bisa membuat SIM Card kalian tidak berfungsi dengan baik, maka atur ulang jaringan kalian dengan cara masuk ke menu Settings >> Network & Internet >> Mobile Network >> Access Point Names. Atur manual APN sesuai jaringan yang kalian gunakan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android. Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka kalian bisa melakukan factory reset atau mengembalikan ke setelan pabrik dan bisa juga konsultasi ke Customer service atau mengunjungi galeri dari operator seluler tersebut, bisa jadi bukan Smartphone kalian yang bermasalah, melainkan SIM Card yang sudah rusak. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Tips Aktifkan Fitur Night Mode di HP Android, Biar Hemat Baterai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here