Copyright©Beebom

Pengguna Android Bisa Backup Data Secara Manual Ke Google Drive, Begini Caranya

Newsth.com – Google baru-baru ini dikabarkan sedang mempersiapkan sebuah fitur baru yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan pencadangan atau backup data dari perangkat Android ke Google Drive dengan cara berbeda. Seperti apa?

Baca Juga : Google Maps Bisa Tampilkan ‘Dark Mode’ Secara Permanen, Begini Caranya

Fitur baru ini sendiri pertama kali diketahui oleh Alex Kruger yang kemudian mengunggahnya melalui akun Twitter miliknya dan mengatakan terdapat fitur tersebut pada perangkat Android Droid Turbo dan Pixel 2. Alex juga menuliskan tentang fitur tersebut dalam postingannya, “Ingat soal artikel tentang fitur backup manual di Android? Saya baru saja melihatnya pada perangkat (Droid) Turbo milik kustomer saya dan perangkat Pixel milik saya,” jelasnya. Dengan adanya fitur ini sendiri, maka pengguna bisa melakukan backup data ponsel Android ke Google Drive secara manual.

Copyright©Twitter

Seperti yang diketahui bahwa sebelumnya pengguna Android sendiri hanya bisa mencadangkan data ke GDrive saat terhubung dengan jaringan Wi-Fi, sehingga backup akan berjalan secara otomatis. Namun, kini pengguna bisa melakukannya dengan cara manual. Belum tahu caranya? Simak ulasannya disini.

Copyright©Flyin DVB

Buka menu Settings >> pilih menu Backup & Reset >> Google Account. Disini, pengguna bisa melihat tombol ‘Back up Now’ dan pengguna juga bisa memilih kategori data yang akan disimpan di Drive di bagian bawah. Sebagaimana yang dilansir dari Ubergizmo bahwa fitur backup manual ke Google Drive ini telah diuji sejak Agustus lalu, namun pengujian tersebut hanya dilakukan secara terbatas di Android 9.0 Pie. Dan kini akhirnya Google merilis fitur tersebut, sehingga pengguna bisa dengan bebas menentukan kapan pencadangan data dan informasi perangkatnya dilakukan.

Kendati demikian, sejauh ini Google belum memberikan konfirmasi terkait OS Android apa saja yang akan menerima fitur tersebut, dan apakah OS lama juga akan mendapatkan fitur backup manual ke Google Drive tersebut. Namun, jika dilihat dari keterangan yang ada, sepertinya fitur ini masih bisa digunakan untuk pengguna Android 6.0.

Baca Juga : Google Mudahkan Pengguna Hapus Riwayat Pencarian, Begini Caranya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here