Copyright©XDA Developer

Gboard Gunakan Fitur AI Untuk Sarankan Stiker Dan Emoji

Newsth.com – Seperti yang diketahui bahwa Gboard sebelumnya telah menghadirkan sebuah fitur baru yang memungkinkan penggunanya bisa mengirimkan Emoji dengan foto selfie. Namun, berdasarkan kabar terbaru telah menyebutkan bahwa Google kembali memberitahukan fitur baru pada keyboard-nya tersebut.

Dimana keyboard buatannya ini nantinya akan dibekali dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence alias AI) yang akan mempermudah penggunanya. Yang mana teknologi ini nantinya mampu menyarankan sebuah GIF, Emoji dan Stiker ketika pengguna sedang melakukan chatting.

Baca Juga : Google Maps Bisa Tampilkan ‘Dark Mode’ Secara Permanen, Begini Caranya

Dan saat pengguna menuliskan kata atau kalimat, maka ikon ‘GIF’ akan muncul menggantikan logo Google yang berada di bagian pojok kiri atas. Kemudian, pengguna bisa mengetuk ikon tersebut untuk membuka GIF yang disarankan oleh AI Google yang disesuaikan dengan konteks kata yang diketik oleh pengguna.

Copyright©diez

Seperti contoh, saat pengguna menuliskan kata, “Saya Gembira”, maka Gboard akan memberikan rekomendasi emoji dengan ekspresi gembira. Atau bisa juga saat pengguna menuliskan kata atau pesan ‘Selamat Pagi’, maka keyboard yang dilengkapi kecerdasan buatan ini akan memunculkan saran GIF dengan tema sarapan atau yang lainnya.

Kendati demikian, fitur baru yang dihadirkan ini sendiri hanya bisa digunakan oleh pengguna yang memakai input bahasa Inggris di perangkat Android miliknya. Namun, Google juga memastikan bahwa pihaknya akan menambahkan beberapa bahasa yang bisa menyesuaikan fitur ini. Google sendiri juga tidak menyebutkan apakah fitur barunya tersebut juga akan dihadirkan untuk pengguna iOS.

Google juga menjelaskan bahwa semua saran yang ada telah dibuat dan diproses langsung di perangkat Android, jadi bukan dengan mengirimkan informasi ke server Google lalu mengirimkan saran kembali ke pengguna. Sehingga proses yang dilakukan ini tidak menggunakan bantuan dari pihak ketiga. Selain fitur IA pada Gboard, Google sebelumnya juga sempat dikabarkan sedang mempersiapkan sebuah cara membuat percakapan pesan lebih baik dengan membuat saran GIF dan Emoji yang lebih cepat.

Baca Juga : Diupdate, Gboard Bisa Bikin Emoji Dari Selfie di Android dan iOS, Cobain Yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here