Copyright©Cult of Mac

Apple Menghentikan Layanan Hardware Untuk iPhone 5

Newsth.com – Seperti yang diketahui bahwa Apple selalu menghadirkan iPhone terbaru setiap tahunnya untuk bersaing di pasar Internasional melawan vendor Smartphone lainnya. Dan untuk kestabilan pemasaran serta layanan miliknya, ada beberapa perangkat yang sudah tidak menerima pelayanan resmi baik di sisi hardware maupun software.

Baca Juga : Mantap, Duo iPhone XS Dapatkan Fitur HDR dari Youtube!

Dan perlu diketahui bahwa Apple sendiri telah resmi memasukkan iPhone 5 ke jajaran produk lawas (Vintage Products) di Amerika Serikat dan Turki. Produk lawas tersebut juga didefinisikan sebagai produk Apple yang sudah diproduksi lebih dari lima tahun tetapi kurang dari 7 tahun, sesuai dengan undang-undang domestik dan nasional yang berlaku.

Selain di Amerika Serikat, iPhone 5 juga diklasifikasi sebagai ‘Obselete Product’ atau produk usang. Hal ini disebabkan produksi Smartphone tersebut telah dihentikan sejak kurang lebih tujuh tahun lalu. Dengan begitu, Apple sudah tidak menghadirkan layanan perbaikan hardware lagi untuk iPhone tersebut seperti produk lama lainnya. “Apple telah menyetop semua layanan hardware untuk produk usang tanpa terkecuali,” tulis Apple dalam laman dukungan resminya. Namun, di Amerika Serikat pengguna iPhone lawas seperti iPhone 5, 4 dan 3GS masih menerima layanan servis non-hardware melalui layanan Apple di California. Selain itu, Apple juga menyediakan layanan servis untuk Mac lawas di Turki.

Copyright©Cult of Mac

Perlu diketahui bahwa iPhone 5 telah diluncurkan pertama kali pada 2012 lalu dengan menggunakan sistem operasi iOS 6 dan mematok harga senilai US$ 200 pada saat itu. iPhone ini sendiri juga hadir dengan menampilkan layar berukuran 4 inci dan menjadi perangkat pertama dengan chip A6. Setelah itu di tahun 2014 ada program Battery-recall untuk mengatasi masalah baterai iPhone 5 tersebut secara masal.

Meskipun Apple sudah menghentikan servis hardware, namun Apple memiliki rencana untuk menghadirkan program baru yang bernama ‘Repair Vintage Apple Products Pilot’. Kendati demikian, belum ada informasi lebih lanjut terkait program tersebut dan masih menjadi bahan pembicaraan pihak internal.

Baca Juga : Melalui Update iOS 12.1, Kamera Selfie iPhone XS Semakin Berkualitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here