Copyright©techkeyhub

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store Tanpa Aplikasi

Newsth.comGoogle Play Store merupakan salah satu aplikasi bawaan yang ada di Android. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki peranan penting sebagai sarana untuk mendapatkan aplikasi bagi pengguna Android. Namun, tak jarang aplikasi ini mengalami sebuah masalah, mulai dari berhenti bekerja, tidak bisa dibuka hingga masalah download pun bisa tertunda.

Baca Juga : Ini Dia 5 Game Balap Mobil Terbaik Android Yang Akan Membunuh Kebosananmu

Beberapa masalah tersebut tentunya membuat kita sedikit kurang nyaman bukan, terlebih saat kita sedang menginginkan aplikasi atau game favorit untuk segera memainkan-nya dan ternyata masalah itu pun terjadi, ya download telah tertunda. Nah, untuk mengatasi hal semacam ini, sebaiknya kalian simak nih, Berikut Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store Dengan Mudah.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

  • Ubah Pengaturan Download Dengan Koneksi Wi-Fi
Copyright©JalanTikus

Penyebab download yang tertunda pertama bisa karena koneksi internet yang kurang stabil. Baik sinyal data seluler yang susah di jangkau atau kualitas jaringan Wi-Fi yang kurang bagus. Maka dari itu, kalian bisa mengatasinya dengan beralih ke mode jaringan. Ketika mendownload kalian bisa hilangkan tanda cek dan tekan Proced, namun cara ini akan menguras kuota dalam jumlah besar untuk mendownload.

  • Bersihkan Cache atau Data Sampah Google Play store
Copyright©JalanTikus

Masalah selanjutnya, bisa saja terjadi karena cache atau file sementara yang tersimpan telah memenuhi kapasitas sehingga bisa mempengaruhi kinerja. Untuk itu, kalian bisa menghapus cache tersebut dengan cara masuk ke menu Setting >> My Apps >> Google Play Store >> Storage >> Clear Cache pada Google Play Store.

  • Update Google Play Store ke Versi Paling Baru
Copyright©JalanTikus

Pastikan aplikasi Google Play Store yang kalian gunakan sudah diupdate ke versi terbaru. Untuk memperbarui-nya kalian bisa masuk ke Google Play Store dan pilih menu ikon tiga garis di bagian pojok kiri atas, kemudian ke menu Settings >> About. Disini kalian bisa melihat versi aplikasi yang kalian miliki dengan play Store Version dan untuk memperbarui-nya bisa klik beberapa kali hingga ada pilihan update.

  • Periksa Kapasitas Memori Internal Perangkat
Copyright©JalanTikus

Kapasitas memori yang terbatas, juga bisa menjadi salah satu penyebab tertunda-nya download-an. Maka dari itu, kalian bisa membebaskan ruang penyimpanan internal dengan cara menghapus beberapa aplikasi atau file yang tidak penting dari perangkat.

  • Re-Install Google Play Store dan Reset Android
Copyright©JalanTikus

Jika semua cara-cara di atas tidak berhasil, kalian bisa menggunakan cara terakhir yakni install ulang pada aplikasi Google Play Store. Dan kalian juga bisa reset Android dengan resiko penyimpanan internal juga akan ke reset.

Nah, seperti itulah Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store yang bisa kalian terapkan sendiri dengan mudah. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Daripada Nyesel, Jangan Download Aplikasi Android Gak Guna di Play Store Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here