Copyright©[Shutterstock]

Berikut Cara Hapus Riwayat Pencarian Google Dengan Mudah

Newsth.comGoogle kini telah menghadirkan perubahan baru melalui fitur barunya yang memungkinkan penggunanya bisa meninjau dan menghapus riwayat pencarian. Dimana sebelumnya telah diketahui bahwa mesin pencari ini menyimpan semua data pencarian pengguna termasuk kata kunci, website, pencarian video dan masih banyak lagi dalam server-nya.

Baca Juga : Update Terbaru! Google Chrome Hadirkan Fitur Picture-In-Picture Layaknya Android

Jika sebelumnya pengguna tidak bisa menghapus riwayat tersebut dari server, meskipun pengguna sudah menghapus pada web browser (history), kini dengan adanya pembaruan tersebut, pengguna bisa menghapus seluruh pencarian pada server dengan mudah. Lantas, bagaimana caranya?

Cara Menghapus Riwayat Pencarian dari Server Dengan Mudah

Untuk menghapusnya ini sendiri, sebelumnya kalian harus Login menggunakan akun pribadi di web Google Search. Setelah itu, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Copyright©istimewa
  • Pertama-tama, kalian perlu mengunjungi web Google Search, seperti pada mobile web. Kemudian, klik ikon tiga garis yang terletak di bagian pojok kiri atas.
  • Lalu, kalian bisa memilih ‘Your data in Search’ yang kemudian akan muncul sebuah pilihan penghapusan di bagian paling atas dalam halaman. Disitu kalian akan melihat pilihan ‘Delete last hour’ yang berarti menghapus pencarian selama satu jam ke belakang dan ada pilihan lainnya yakni ‘Delete All Searches’ yang berguna untuk menghapus semua pencarian yang pernah ditelusuri pengguna di mesin pencarian.

Raksasa Mountain View sendiri juga menghadirkan pembaruan penghapusan riwayat pencarian tersebut untuk aplikasi desktop dan mobile, baik Android maupun iOS. Sedangkan untuk aplikasi Google dan bukan aplikasi browser di iOS dan Android akan hadir dalam beberapa pekan mendatang.

Selain itu, ada juga pembaruan lain yang berguna untuk mengatur iklan dalam pencarian. Dimana pengguna akan lebih mudah dalam menyesuaikan iklan yang ada dalam mesin pencarian ketika menjelajahi sesuatu, agar relevan dengan iklan yang dilihat. Dimana iklan tersebut dapat dipersonalisasi di bagian bawah halaman pengaturan ‘Your data in Search’.

Bahkan, mesin pencari raksasa ini juga menjanjikan perubahan yang sama, yakni penghapusan lokasi atau apapun dalam Google Maps, tahun mendatang. Hadirnya pembaruan ini sendiri karena antisipasi maraknya skandal privasi yang menyerang teknologi raksasa seperti Facebook yang kebocoran data 50 penggunanya, dan ada pula insiden Apple yang kebobolan data Apple ID sehingga mengancam data pengguna.

Baca Juga : Belum Tahu? Begini Loh Cara Memutar Lagu Favorit di Google Maps Dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here