Copyright©chrome

Pengguna Google Chrome Bisa Nikmati Video Dengan Browsing Secara Bersamaan

Newsth.com – Fitur Picture-in-Picture yang dihadirkan oleh Google pada 2017 lalu melalui sistem operasi mobile Android Oreo ini semakin populer. Ya, fitur yang paling sering digunakan untuk menikmati streaming video di Youtube sambil mengerjakan hal lain di ponsel ini semakin banyak digunakan dalam aplikasi lain. Termasuk WhatsApp yang telah menghadirkan fitur tersebut pada platform-nya, sehingga memungkinkan para penggunanya bisa bertukar pesan sambil menonton video Youtube tanpa harus menutupnya.

Baca Juga : Belum Tahu? Begini Loh Cara Memutar Lagu Favorit di Google Maps Dengan Mudah

Saking populer-nya, fitur PIP tersebut kini juga di boyong ke perangkat desktop melalui Google Chrome 70 dengan konsep serupa. Dimana para pengembang atau Developer mampu menginisiasi dan mengatur fitur tersebut untuk elemen video dalam situsnya. Dengan begitu, penggunanya bisa membuka laman dan masuk ke sebuah tab sekaligus memutar video di dalamnya secara bersamaan dengan pencarian di tab lain.

Copyright©google developer

Sebagaimana yang dilansir dari ZD Net, bahwa fitur Picture- in- Picture yang dihadirkan dalam Google Chrome  70 ini juga kompatibel untuk segala jenis sistem operasi desktop seperti MacOS, Windows dan Linux. Untuk menikmati fitur ini sendiri, para pengguna hanya perlu menekan di sisi kanan frame video dan memilih fitur ‘Picture-in-Picture’ dari context menu yang muncul. Kemudian, video tersebut akan ditampilkan secara terpisah dan diletakkan di sebuah jendela kecil yang ukurannya bisa diatur sesuai dengan keinginan penggunanya.

Jendela yang muncul itu akan tetap terlihat meskipun pengguna telah beralih ke tab lain seperti melakukan pencarian di tab lain. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan ‘pause’ dan ‘resume’ pada video tersebut dengan cara klik tombol yang ada di tengah jendela, sedangkan untuk menutupnya hanya perlu menekan simbol (X) di bagian pojok kanan atas. Fitur PIP ini sendiri sebenarnya sudah mulai diterapkan di Google Chrome sejak Mei lalu, namun saat itu kemampuan PIP masih belum diketahui dan hanya bisa digunakan saat menginstall extension tertentu di Chrome, dan baru belakangan ini Chrome telah mengaktifkan PIP pada versi 70, sehingga bisa dinikmati dengan mudah oleh penggunanya.

Baca Juga : Selain Dinosaurus, Google Punya Game Seru Lain yang Bisa Kamu Mainkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here