Copyright©wa

Cara Mudah Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetiknya

Newsth.comWhatsApp merupakan aplikasi chatting yang sangat populer, dan lebih dari 1,5 miliar pengguna yang sudah terdaftar di dalamnya. Pada kebanyakan aplikasi chatting sendiri tentunya mengharuskan kita untuk mengetik menggunakan keyboard bukan. Tapi pernah nggak sih merasa males banget ketika harus mengetikkan pesan yang amat panjang?

Baca Juga : Tanpa Root! Begini Cara Membuat Nama Profil WhatsApp Menjadi Berwarna

Memang sih, dalam WhatsApp sendiri juga menyediakan fitur pesan suara yang bisa gunakan sebagai alternatif ketika ingin bercerita panjang atau mengirim pesan panjang. Namun tahukah kalian, bahwa kita bisa saja mengirimkan pesan teks tanpa harus mengetiknya loh! Jadi kita tak perlu capek-capek lagi untuk mengetik pesan ketika membalas chat seseorang. Ingin tahu caranya? Langsung simak nih, Berikut Cara Chat di WhatsApp Tanpa Harus Sentuh Keyboard Ponsel untuk Mengetiknya.

  • Pertama-tama, pastikan kalian sudah mengunduh dan memasang aplikasi Google Keyboard pada masing-masing perangkat kalian. Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa kalian temukan di Google Play Store.
  • Jika sudah terpasang pada perangkat, maka aktifkan tombol speakernya terlebih dahulu melalui menu pengaturan Gboard dengan memilih Preferences. Lalu, lanjutkan dengan menggeser toggle Voice input key ke kanan agar fitur voice typing terpasang di keyboard kalian.
Copyright©JalanTikus
  • Jika sudah, maka kita bisa tambahkan bahasa sesuai keinginan yang nantinya bisa dideteksi oleh fitur voice typing tersebut. Dengan cara masuk kembali ke menu Settings dan pilih Voice Typing, kemudian pilih Offline Speech Recognition, sehingga fitur ini bisa merespon suara kita meskipun sedang offline.
Copyright©JalanTikus
  • Lalu pilih tab All dan pilih Bahasa Indonesia, kemudian lanjutkan dengan mendownloadnya. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai dan setelah itu file akan terpasang di keyboard, dengan begitu kalian bisa menulis tanpa mengetik lagi karena fitur voice typing sudah siap digunakan.
Copyright©JalanTikus
  • Nah, sekarang kalian langsung buka aplikasi WhatsApp dan pilih kontak yang akan kalian chat, setelah itu muncul keyboard dan kalian bisa tap tombol speaker di bagian sudut kanan keyboard untuk mengirimkan pesan tanpa mengetik. Tunggu hingga muncul perintah Speak Now.

Itulah cara chat di WhatsApp tanpa harus mengetik atau menyentuh keyboard ponsel. Fitur ini sendiri bisa kalian gunakan untuk kebutuhan mengetik lainnya di beberapa aplikasi lain seperti browser, Line, Instagram, dan lain-lain. Selamat Mencoba Dan Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Tanpa Ketahuan! Begini Nih Cara Mengirimkan Foto ‘Begituan’ di WhatsApp Dengan Aman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here