Copyright©jalantikus

5 Bahaya Login Menggunakan Facebook untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Newsth.comFacebook merupakan salah satu media sosial paling populer di Dunia, yang belakangan ini menjadi bahan perbincangan karena masalah keamanan. Platform ini kabarnya kebocoran 50 akun penggunanya beberapa waktu lalu.

Berbicara tentang keamanan, kali ini kita akan membahas tentang bahayanya jika kalian Login menggunakan Facebook di sembarangan aplikasi. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan aplikasi pihak ketiga akan meminta penggunanya untuk registrasi menggunakan akun baru atau untuk lebih mudahnya, pengguna bisa melakukan login menggunakan akun FB sehingga tak perlu membuat akun baru lagi. Dan sebagian besar pengguna tentunya akan memilih untuk menggunakan akun Facebook karena lebih mudah.

Baca Juga : Masa Tenggang Proses Hapus Akun Facebook Diperpanjang!

Namun, perlu diketahui bahwa dengan menggunakan akun FB untuk login ke aplikasi pihak ketiga ini sendiri mengandung banyak resiko, termasuk pencurian data. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini 5 bahaya yang bisa menimpa kalian jika login Menggunakan akun Facebook ke aplikasi pihak ketiga.

  1. Aplikasi bakal Panen Data
Copyright©jalantikus

Resiko pertama yakni kemungkinan terjadinya panen data pribadi kalian. Pasalnya di akun Facebook kalian tentunya mencantumkan data pribadi sehingga aplikasi apapun juga bisa mendapatkan informasi tersebut jika kalian login menggunakan akun FB. Apalagi aplikasi chatting yang membutuhkan nomor HP, maka Facebook bisa mengetahui nomor kalian.

  1. Alamat Email Kalian diketahui Aplikasi

Dengan menggunakan akun FB untuk Login, maka alamat email kalian tentu akan diketahui dan diakses oleh aplikasi pihak ketiga tersebut. Meskipun alamat email yang digunakan bukan email utama tetapi hal ini tetap merugikan jika email tersebut bisa diakses aplikasi lain.

  1. Pencurian Data dan Penyalahgunaan Foto
Copyright©jalantikus

Bahaya selanjutnya bisa saja terjadi pencurian dan penyalahgunaan foto pribadi untuk kebutuhan yang merugikan diri kalian. Selain foto, data lain seperti kontak teman atau kerabat juga bisa menjadi korbannya. Aplikasi pihak ketiga berupa e-commerce palsu bisa saja mendapatkan akses kontak kalian dan menghubunginya untuk menawarkan produk dan jasa.

  1. Iklan Rekomendasi yang Mengganggu

Kemunculan iklan saat kalian menjelajahi FB ternyata salah satu akibat yang terjadi jika kalian Login menggunakan akun FB untuk mendaftar ke aplikasi pihak ketiga, apalagi aplikasi berupa jual beli online.

  1. Penjualan Data
Copyright©jalantikus

Bahaya yang terakhir ini cukup mengerikan, ya kasus penjualan data pengguna FB yang sempat sempat ramai di dunia maya, telah membuat Mark Zuckerberg berurusan dengan hukum dan harus menghadapi beberapa persidangan.

Terkait dari adanya rekomendasi iklan, Zuckerberg mengaku terjadi kesalah-fahaman tentang penjualan data. Ia menyatakan bahwa pihak FB memang menggunakan data pengguna tetapi untuk menyesuaikan minat dan ketertarikan mereka.

Itulah 5 Bahaya Login menggunakan Facebook untuk mendaftar ke aplikasi pihak ketiga yang patut kalian waspadai. Jika kalian sudah mengetahui bahayanya, maka kalian harus berhati-hati untuk menggunakan layanan pihak ketiga, serta mengawasi akun FB pribadi kalian.

Baca Juga : Biar Tampil Beda! Begini Cara Mengubah Warna Facebook Lite dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here