Copyright©independent

Berikut 2 Tips Penting Agar Terhindar dari Penguntit melalui WhatsApp

Newsth.com – Sebagain orang mengira bahwa aktivitas WhatsApp lebih aman jika dibandingkan dengan media sosial lainnya yang ada, tapi padahal aktivitas stalking atau sering dikenal dengan penguntit ternyata juga bisa dilakukan melalui aplikasi pesan instan ini.

Baca Juga : Mau Mengawasi Pacar? Deretan Aplikasi Sadap WhatsApp Ini Bisa Kamu Gunakan!

Postingan atau ativitas pengguna di platform media sosial lain seperti Facebook dan Twitter memang cenderung lebih mudah dikuntit seseorang karena medos ini digunakan banyak pengguna untuk mengunggah foto dan lokasi. Namun, tahukah kalian bahwa di WhatsApp sendiri, pengguna yang tidak mengunggah lokasi atau status juga bisa dilacak posisinya oleh penguntit melalui berbagai macam tipuan pesan yang dikirimkan dalam beberapa tahap.

Copyright©jalantikus
  1. Jangan Tergoda dengan Pesan yang memiliki Tautan Pendek

Penguntit akan mendeteksi lokasi kalian dengan mengirimkan sebuah pesan yang berisi tautan pendek ke kalian. Tautan tersebut dibuat semenarik mungkin agar kalian terpancing untuk segera masuk/ mengeklik tautan tersebut. Dan saat kalian klik tautan yang dikirimkan tersebut maka tautan akan menampilkan gambar yang lucu dan menarik atau mungkin bisa berita acak yang tidak berbahaya. Akan tetapi, secara tidak sadar, saat kita klik tautan tersebut kalian telah memberikan jejak informasi kepada penguntit terkait keberadaan kalian.

  1. Jangan Tergoda Tautan Bertopeng Multimedia

File multimedia pada umumnya memang lebih menarik dibanding pesan text, maka hal ini dimanfaatkan para penguntit untuk mencari informasi tentang targetnya dengan mengakses pesan tersebut. Perlu diketahui bahwa tautan yang dikirimkan tersebut sebenarnya dibuat penguntit dengan klien IP logger.

Dengan begitu, tautan tersebut mampu menarik perhatian kalian untuk segera mengekliknya. Lalu secara tidak sadar alamt IP kalian akan dicatat oleh sang penguntit. Hanya dengan IP tersebut, penguntit bisa melacak lokasi kalian secara detail menggunakan layanan pelacak IP. Apalagi sekarang di internet sudah menyediakan banyak layanan pelacak IP yang bisa mendeteksi lokasi. Dengan demikian penguntit dengan mudah langsung mengakses lokasi kalian. Terkait potensi pelacakan tersebut, para pengguna WhatsApp disarankan berfikir dua kali sebelum mengeklik tautan, terlebih dari kontak yang tidak dikenal sebelumnya.

Itulah 2 Tips agar terhindar dari penguntit privasi di WhatsApp yang perlu kalian terapkan mulai dari sekarang agar selalu aman dan tentunya privasi akan tetap terjaga. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Biar Nggak Penasaran! Begini Nih Cara Melihat Pesan WhatsApp yang telah Dihapus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here