Copyright©mungiz

Berikut 4 Tips Amankan Akun Facebook Agar Tetap Terjaga

Newsth.comFacebook yang merupakan salah satu media sosial paling populer ini memang memudahkan para penggunanya agar selalu terhubung dengan teman dan keluarganya yang berada di kejauhan. Namun, biasanya pengguna layanan FB ini tidak menyadari betapa banyaknya data mereka yang dimiliki oleh media sosial tersebut yang mungkin rentan dicuri.

Baca Juga : 50 Juta Pengguna Terancam Diretas, Facebook Siap-Siap Hadapi Gugatan

Sejak terjadinya insiden kebocoran data pengguna yang juga melibatkan perusahaan analisis data Cambridge Analytica, hingga kabar tentang 50 pengguna yang terancam diretas, kini pihak FB terus berupaya mengedepankan keamanan daya penggunanya. Selain itu, layanan media sosial buatan Mark Zuckerberg ini juga memiliki berbagai macam fitur untuk mengamankan data pribadinya. Ingin akun kalian lebih aman? Berikut beberapa Tips yang direkomendasikan Facebook kepada penggunanya agar datanya tetap aman.

  1. Melakukan Pemeriksaan Keamanan secara Rutin

Pemeriksaan keamanan ini bisa membantu penggunanya untuk meninjau dan menambahkan keamanan akun pengguna. Pemeriksaan keamanan ini sendiri memiliki beberapa fungsi seperti mengeluarkan akun FB dari aplikasi dan browser yang sudah tidak digunakan, mendapatkan notifikasi jika seseorang hendak mengakses akun pengguna dari perangkat lain yang tidak dikenal serta mempelajari cara melindungi kata sandi pengguna.

  1. Aktifkan Fitur keamanan Ekstra

Pengguna FB bisa aktifkan fitur autentikasi dua faktor untuk memberikan keamanan ekstra bagi akunnya. Dengan metode autentikasi ini setiap pengguna yang hendak masuk ke akunnya melalui perangkat baru, maka FB akan memberikan notifikasi atau email yang berisikan kode khusus agar bisa menyelesaikan proses masuk ke FB. Pengguna bisa mengaktfikan fitur ini melalui bagian keamanan dan Info Login di Pengaturan.

Copyright©fB
  1. Tinjau Aplikasi Apa Saja yang Berkaitan dengan Akun

Pengguna yang kerap menggunakan opsi “Masuk dengan Facebook” untuk mengakses aplikasi lain harus secara rutin meninjau aplikasi yang terhubung dengan akun FB tersebut. Tujuannya untuk membantu pengguna dapat memastikan akun FB miliknya hanya dihubungkan ke aplikasi terpercaya dan digunakan secara rutin.

Untuk meninjau aplikasi yang terhubung ini sendiri, pengguna bisa mengunjungi halaman pengaturan Aplikasi dan Website. Disini pengguna bisa menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan.

  1. Mencari tahu Tentang Log Aktivitas

Log aktivitas ini merupakan fitur FB yang mencatat seluruh aktivitas yang telah dilakukan pengguna secara kronologis, mulai dari yang paling baru. Adapun aktivitas yang disimpan berupa postingan yang kalian sukai, postingan yang kalian komentari, permintaan teman yang kalian terima, tempat yang kalian singgahi atau foto tentang kalian dan masih banyak lagi.

Untuk itu, sebaiknya pengguna meninjau Log Aktivitasnya secara rutin sehingga bisa dengan cepat mendeteksi hal yang mencurigakan. Untuk menemukan Log Aktivitas ini sendiri berada di bagian pojok kanan bawah foto sampul.

Itulah 4 Tips yang bisa kalian gunakan untuk mengamankan akun Facebook, sehingga akun kalian akan tetap terjaga dan terhindar dari kebocoran data. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Cara Agar Status Facebook Mendapatkan Banyak Like dalam Sekejap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here