Copyright©pixabay

Berikut 2 Cara Mengembalikan Akun Whatsapp yang Terhapus di Android

Newsth.com – Whatsaap saat ini memang menjadi aplikasi pesan instant yang telah digunakan banyak orang. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa bertukar pesan teks, suara, foto hingga video dengan mudah nan cepat. Saking seringnya digunakan, kejadian tak terduga pun sering kali terjadi, termasuk ketika akun Whatsapp secara tidak sengaja terhapus. Hal ini tentunya akan menjadi mimpi buruk bagi penggunanya. Namun tak perlu khawatir, karena kita bisa mengembalikan akun yang terhapus tersebut dengan beberapa cara di bawah ini. Sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu penyebab dari terhapusnya akun Whatsapp.

Baca Juga : Cara Mengubah Tema WhatsApp Tanpa Root, Coba Yuk!

  • Terhapusnya akun Whatsapp bisa disebabkan karena sengaja menghapus akun pada HP lama untuk beralih ke HP baru.
  • Selain itu, bisa juga karena melakukan uninstall aplikasi Whatsapp, sehingga semua data yang tersimpan telah hilang.

2 Cara Mengembalikan Akun Whatsapp yang telah Terhapus

  1. Kembalikan akun Whatsapp dengan Google Drive
  • Untuk anda yang telah melakukan backup data Whatsapp ke akun Google Drive, maka dengan mudah anda bisa mengatasi masalah ini. Dan pastikan akun Google yang digunakan pada HP adalah akun untuk menyimpan data akun WhatsApp. Dengan begitu, anda bisa membuka aplikasi Whatsapp baru dan login menggunakan nomor lama. Lakukan login hingga proses verifikasi kode OTP ke nomor anda.
Copyright©jalantikus
  • Kemudian, jika anda sudah melalui proses yang ada, maka WhatsApp secara otomatis bakal melakukan pemindaian untuk menemukan backup Whatsapp yang tersimpan dalam Google Drive anda. Dan anda bisa langsung memilih ‘Restore’.
Copyright©jalantikus
  • Setelah itu, anda bisa menunggu proses restore tersebut hingga selesai, dan jika sudah lengkapi profil Whatsapp. Secara otomatis aplikasi telah mengembalikan semua percakapan anda yang tersimpan pada file backup.
Copyright©jalantikus
  1. Kembalikan Akun Whatsapp secara Manual
  • Untuk anda yang mungkin tidak membackup data ke Google Drive, maka anda bisa masuk ke menu ‘File Manager’ yang ada pada HP. Masuk ke folder ‘Whatsapp=> Database’. Dalam folder tersebut, anda akan menemukan file backup sesuai tanggal.
Copyright©jalantikus
  • Setelah itu, anda bisa memilih data backup yang ingin digunakan. Kemudian ubah nama file dari msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 menjadi db.crypt12.
Copyright©jalantikus
  • Jika sudah, uninstall aplikasi Whatsapp di HP dan install kembali aplikasi tersebut dari Google Play Store.
Copyright©jalantikus
  • Jika aplikasi telah terpasang, maka lakukan registrasi ulang menggunakan nomor lama anda dan ikuti semua prosesnya, sehingga Whatsapp akan secara otomatis melakukan pemindaian file backup, dan saat file ditemukan, maka anda bisa memilih ‘Restore’.
Copyright©jalantikus

Dengan demikian, anda bisa menunggu hingga proses restore selesai, sehingga anda akan menjumpai semua data berdasarkan file backup terakhir yang telah anda gunakan. Nah, itulah Cara Mengembalikan Akun Whatsapp yang telah Terhapus, dan untuk antisipasi sebaiknya lakukan backup data ke akun Google Drive untuk mengamankan data anda.

Baca Juga : Cara Download Video Youtube Dengan Mudah, Simak Yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here