Berita Terkini: Layakkah Palangkaraya Jadi Ibukota Indonesia Gantikan Jakarta?

0
3639
Ibu Kota Indonesia
Copyright ©tempo

Layakkah Palangkaraya Jadi Ibukota Indonesia Gantikan Jakarta?

Newsth.com – Kali ini muncul wacana dari pemerintah Indonesia jika akan memindahkan Ibu Kota negara Indonesia ke Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Wacana ini diungkapkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappernas)

Terkait pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Palangkaraya ini juga merupakan hasil mengkaji usulan Presiden Joko Widodo. Jokowi mengintruksikan agar dilakukan pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya.

Usulan dari Presiden Jokowi tersebut juga ditanggapi oleh Debuti Bidag Pengembangan Regional Bappernas, Arifin Rudyanto. Dia menjelaskan jika pihaknya perlu mengkaji lebih dalam lagi terkait dengan pemindahan Ibu Kota Indonesia ini.

Ibu Kota Indonesia
Copyright ©tempo

Arifin mengatakan jika kajian mendalam harus dilakukan karena harus mencari lokasi yang tepat dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Menurutnya jika pemindahan ini haruslah susai dengan kriteria Ibu Kota suatu negara mulai dari akses yang mudah, lingkungan dan lain sebagainya.

‘Kami akan cara semua wilayah di Indonesia dan yang terpenting menentukan kriterianya terlebih dulu. Kriteria itu tadi harus kita tentukan sebagai negara yang meedeka seperti lingkungan, akses, keamanan dan masih banyak lagi’ ujar Arifin Rudiyanto pada Senin, 10 April 2017.

Sementara itu pemindahan Ibu Kota dari Jakarta yang rencananya akan menuju ke Palangkaraya ini memiliki alasan tersendiri. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi dan tata kota metropolitan sendiri sudah terlalu sempit.

Bukan hanya itu ditambah lagi dengan tingkat urbanisasi yang tinggi membuat Kota Jakarta semakin sumpek dan juga padat. Maka dari itulah pemerintah khususnya Jokowi meminta agar meikirkan pemindahan Ibu Kota Indonesia ini.

Sementara itu menurut Arifin Jakarta pada beberapa tahun mendatang kan berpotensi memiliki masalah lingkungan, transportasi, hidrologi dan juga keamanan. Namun Jkarta sendiri tetap akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

Arifin juga mengngkapkan jika mengenai pemindahan ibukota tersebut pemerintah sudah menyiapkan tim khusus. Tim khusus tersebut nantinya akan mengkai teknis dan juga pelaksanaan terkait dengan pemindahan ibukota negara ini.

Sebelumnya Presiden Jokowi sendiri serius dengan keinginannya memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kota Palangkaraya. Hal tersebut terbukti dengan perintah Jokowi yang disampaikan kepada Menteri Bappernas untuk melakukan bebrapa kajian teknis.

baca juga Berita Terkini: Terekam Video Detik Detik Meledaknya Bom di tengah Ibadah Minggu Pelma di Mesir!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here