Berita Terkini: Pendaftaran SBMPTN Online Resmi Dibuka Hari Ini!

0
984
SBMPTN
Copyright : SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Online Resmi Dibuka Hari Ini!

Newsth.com – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah resmi dibuka pada hari ini 11 April 2017. Maka dari itu bagi calon mahasiswa bisa mulai mendaftar jalur SBMPTN ini mulai Selasa pagi skeitar pukul 08.00 WIB.

Terkait dengan dibukanya jalur SBMPTN ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Pembelanjaan dan Kemahasiswaan Riset, Tehnoloi dan Pendidikan Tinggi, Intan Ahmad. Dia menyarankan untuk kelas XII ataupun alumni SMA sederajat untuk mempelajari tata cara pendaftaran jalur ini.

SBMPTN
Copyright ©riaurealita

Pendaftaran jalur seleksi bersama ini akan ditutup pada 25 April 2017 menatang. Maka dari itu untuk pendaftar segera mendaftarkan diri dan mengisi sejumlah persyaratan yang diajukan ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sedangkan dalam seleksi ini nantinya akan didikuti oleh siswa SMA/SMK/MA atau sederajat lainnya lulusan tahun 2015 hingga 2017. Mengenai biaya sendiri akan dibebankan kepada peserta seleksi  dan subsidi dari Kementerian terkait.

Untuk peserta SBMPTN yang kurang mampu untuk membiayai namun mempunyai prestasi akademik yang cukup tinggi bisa mengajukan beasiswa. Beasiswa yang bisa diambil yakni Bidikmisi dan tentunya memunyai persyaratan tersendiri.

Sedangkan untuk mendaftar jalur SBMPTN sendiri memiiki mekanisme tersendiri diantaranya:

  • Bagi calon peserta diharuskan membaca informasi lengkap mengenai SBMPTN 2017 yang sudah termuat dalam laman resminya
  • Calon peserta dapat mengisikan data dan nam tanggal lahir untuk mendapatkan Kode Akses pendaftaran (KPA), PIN dan Slip pembayaran.
  • Peserta dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 dan dapat melakukan pembayaran ke salah satu bank mitra Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN.
  • Setelah melakukan pembayaran peserta dapat melanjutkan pendaftaran.
SBMPTN
Copyright : SBMPTN

Sementara itu untuk tes sendiri dilakukan dengan bentuk Computer Based Testing (CBT) dan Paper Based Testing (PBT). Sedangkan untuk jadwal tes sendiri juga sudah ditentukan mulai dari CBT maupun PBT.

Tes untuk jalur SBMPTN ini dilakukan mulai hari ini 11 April hingga 5 Mei 2017. Untk ujian Tulis PBT dan CBT akan dimuali Selasa, 16 April 2017. Kemudian ujian Keterampilan akan dilakukan pada Rabu, 17 Mei 2017. Sedangkan untuk pengumuman lolos atau tidaknya akan dilakukan Selasa,  13 Juni 2017. Untuk SNMPTN sendiri akan diumumkan pada tanggal 26 April 2017.

baca juga Jangan Lupa. .Pendaftaran SBMPTN Akan Dibuka Mulai Besok Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here