Berita Hari Ini: Terkait Kasus E KTP, Setya Novanto Dilarang Ke Luar Negeri Selama 6 Bulan!

0
4355
Setya Novanto
Copyright ©pojoksulsel

Terkait Kasus E KTP, Setya Novanto Dilarang Ke Luar Negeri Selama 6 Bulan!

Newsth.com – Nama Setya Novanto kini tengah menjadi topik hangat untuk diperbincangkan karena disebut namanya dalam kasus E-KTP. Kali ini terkait dengan kasus korupsi penggandaan KTP Elektronik ini Novanto tak diperbolehkan pergi ke luar negeri selama enam bulan.

Pelarangan Setya Novanto pergi keluar negeri tersebut ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK memberikan pernyataan berupa surat yang mengatakan jika Nivanto yang kini menjabat sebagai Ketua DPR tak diperbolehkan pergi keluar negeri.

Setya Novanto
Copyright ©jurnas

Surat terkait pencegaahan tersebut disampaikan KPK kepada pihak yang berhak menangani. KPK memberikan surat ini kepada Diektorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemnenkumham).

Maka dari itu terkait surat pencegahan ini juga disampaikan oleh Ronny F Sompie selaku Direktur Jenderal ImigrasiKemenkumham. Dia mengtakn jika surat tersebut diterimanya sejak kemarin dari pihak KPK.

Ronny menuturkan jika pihaknya telah menindak lanjuti permintaan KPK tersebut. Dia mengatakan jika nama Setya Novanto setlah disebutkan tak boleh pergi keluar negeri langsung dimasukan dalam sistem manajemen keimigrasian.

‘Nama Setya Novanto langsung kami masukan dalam sistem informasi keimifrasian dan berlaku selama enam bulan mulai dari saat ini’ ujar Ronny F Sompie pada Selasa, 11 April 2017.

Sementara itu Ronny sendiri enggan memberikan keterangan saat ditanya tim wartawan mengenai surat pencegahan tersebut. Dia tak mau membeberkan pencegahan Novanto untuk pergi keluar negeri terait kasus apa.

Ronny hanya menuturkan jika proses hukum yang melibatkan mantan Fraksi Parta Golkar tersebut merupakan kewenangan KPK sepernuhnya. Maka dari itu hingga kini penyidik KPK sendiri masih melakukan penyidikan lebih lanjut terkait dengan kasus korupsi E-KTP.

Setya Novanto
Copyright ©pojoksulsel

Sedangkan nama Setya Novanto sendiri disebutkan dalam dakwaan yang dilakukan oleh Imran dan Sugiharto dalam persidangan pertama. Maka dari itu Novanto disebut-sebut juga menerima uang haram dari hasil penggandaan proyek E-KTP tersebut.

Novanto disebut-sebut sebgai salah satu faktor penting disetujuinya proyek E-KTP tersebut. Seperti diketahui jika Kasus E-KTP ini sendiri merugikan negara hingga 2,3 triliun dan uang tersebut diduga dibagikan ke beberapa pejabat di tanah air.

baca juga Bantah Terlibat Kasus E KTP, Setya Novanto Bawa Ini di Persidangan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here