Berita Terkini: Usai Longsor Ponorogo, Banjir Bandang Mengintai!

0
2592
Longsor Ponorogo
Copyright ©tempo

Usai Longsor Ponorogo, Banjir Bandang Mengintai!

Newsth.com – Kini sudah hampir sepekan setelah terjadinya tanah Lonsor di Desa Bnaran, kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Setelah Longsor Ponorogo kini banjir bandang mengintai yang dikhawatirkan akan menerjang kawasan longsor tersebut.

Maka dari itu Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menghimbau dan mengantisipasi terkait potensi banjir bandang. Banjir bandang sendiri sangat mungkin terjadi karena sering terjadi hujan deras selama proses pencaraian korban Longsor Ponorogo.

Lonsor Ponorogo
Copyright ©regonal kompas

Mengenai hal ini juga disampaikan oleh Kepala BPBD Ponorogo, Sumani. Dia mengatakan jika kondisi sendiri terus memburuk selama dua hari kebelakang. Terlihat beberapa waktu ini selama pencarian intensitas hujan tinggi.

Bahkan hujan dengan itensitas tinggi menyebabkan lonsor kecil di sektor A. Dan hal ini sendiri sempat membuat panik tim relawan dan juga tim SAR yang saat itu tengah mencari korban yang masih tertimbun longsor.

Sementara itu Longsor Ponorogo sendiri mengakibatkan banyak warga kehilangan harta benda rumah hingga keluarganya. Hingga kini belum dipastikan terkait korban jiwa maupun luka-luka akibat peristiwa tanah longsor ini.

Sedangkan diprediksi jika bencana longsor susuklan akan masih mungkin terjadi di wilayah sekitar longsor sebelumnya. Wilayah yang berpotensi lonsor yakni sekitar lereng Gunung Gede kerena ditemukan rekahan memanjang dari titik longsor utama.

Namun menurut Sumani untuk saat ini yang lebih berbahaya yakni potesi terjadinya banjir bandang. Hal tersebut karena akibat hujan yang turun membuat material lumpur lonsoran sepanjang 1,5 kilometer dari puncak gunung turun ke arah pemukiman warga.

Hal tersebut mebuat kondisi tanah menjadi lembek dan penuh dengan lumpur. Kondisi itu diperparah dengan tertimbunya tiga sumber mata air yang tertimbun lonsoran material tanah. Dan hal tersebut juga akan memicu pergerakan tanah dann lonsor susulan.

Longsor Ponorogo
Copyright ©tempo

Akibat dari Longsor Ponorogo ini membuat hampir seluruh warga di desa tempat terjadi longsor harus mengungsi. Sedangakan untuk mengantisipasi banjir bandang sendiri BPBD Ponorogo menetapkan zona baru di sektor D karena untuk memperlancar aliran lumpur saat hujan.

Sedangakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sendiri mengatakan jika telah terjadi retakan tanah lagi di Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo. Dengan ini membuat sekitar 285 jiwa harus diungsikan.

baca juga Berita Terkini: Dari Relawan Hingga Paranormal Ikut Bantu Pencarian Korban Longsor Ponorogo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here