Berita Terkini: Ketahuan Rangkap Jabatan, Oesman Sapta Siap Mundur Dari Ketua DPD dan Pimpinan MPR!

0
3450
Oesman Sapta
Copyright ©tempo

Ketahuan Rangkap Jabatan, Oesman Sapta Siap Mundur Dari Ketua DPD dan Pimpinan MPR!

Newsth.com – Kini Oesman Sapta Odang atau sering dipanggil dengan Oso menyatakan siap mengundurkan diri dari jabatannya saat ini. Oesman Sapta siap megundurkan dari jabatannya menjadi ketua dewan perwakilan Daerah (DPD) RI.

sendiri sebelumnya dilantik oleh Mahkamah Agung (MA) setelah terpilih secara aklamasi. Namun pelantikan Oso sendiri menimbulkan pro dan kontra karena dia merangkap jabatan yakni disamping Ketua DPD juga sebgai Wakil Ketua MPR saat ini.

Sementara itu Oesman sendiri mengatakan jika dirinya belum mengetahui aturan megenai rangkap jabatan. Ia belum tahu aturan rangkap jabatan tingkat negara dan dia juga mengaku siap mudur dari jabatannya menjadi Ketua DPD.

Oesman Sapta
Copyright ©tempo

Hal ini dikaitkan Oso saat berada di gedung Nsantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa 4 April 2017. Dia menuturkan jika dirinya tidak tahu mengenai mekanisme tersebut dan dia juga mebgaku rela melepaskan salah satu jabatannya.

‘Saya sendiri enggak ahu mengenai mekanise angkap janabatan ini. Saya rela meelpaskan atau tinggali DPD hari ini juga jika benar diminta’ ujar Oesman.

Oesman Sapta sendiri merupakan salah satu politisi yang juga merupakan Ketua Umum Partai Hanura. Oso mengaku jika dirinya belum mengetahui siapa nantinya yang akan menggantikan posisinya menjadi pimpinan MPR jika dirinya benar mundur dari jabatan.

Namun Oso menyerahkan mekanisme pergantian posisi yang dijabatnya kepada pimpinan MPR. Pergantian tersebit memerlukan proses dan tidak boleh dilakukan secara langsung. Ada mekanisme terkait menentuan pengganti Oesman sebagai Wakil MPR saat ini.

Sementara itu menurut Oso sendiri terkait dengan rangkap jabatan sebagai Ketua DPD dan Ketua Umum Partai Hanura tak menyalahi aturan. Hal terebut dinilainya tidak melangggar aturan karena dengan politisi lainnya.

Oesman Sapta membandingkan dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan yang sebagi Ketua Umum PAN. Kemudian ada lagi yakni Setya Novanto sebagai Ketua Umum Parta Golkar.

Oesman sendiri menuturkan jika posisinya sebagai pemimpin DPD sudah yang baru sudah dikuatkan dengan pengambilan sumpah oleh MA. Saat itu Oso bersama didampingi oleh Nono Sampono dan Damayanti untuk sisa periode jabatan tahun 2014 hingga 2019.

baca juga Berita Terkini: Video Gus Dur Akhirnya Diputar Dalam Sidang Ahok, Berkaitan Soal Al Maidah Dan Pilkada!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here