Berita Terkini: Video Gus Dur Akhirnya Diputar Dalam Sidang Ahok, Berkaitan Soal Al Maidah Dan Pilkada!

0
3995
Sidang Ahok
Copyright ©liputan6

Video Gus Dur Akhirnya Diputar Dalam Sidang Ahok, Berkaitan Soal Al Maidah Dan Pilkada!

Newsth.com – Persidangan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Thahaja Purnama alias Ahok kemarin Selasa, 4 April 2017 kemabli di gelar. Dalam Sidang Ahok tersbut bebrapa video diputarkan salah satunya video Gus Dur tentang Surat Al Maidah dan Pilkada.

Pemutaran video ini diperbolehkan oleh Majelis Hakim , Dwiarso Budi Sutiarto yang saat itu sebagai pemimpin sidang tersebut. Dia memutuskan untuk mempersilahakan pemutaran video KH Abdulrrahman Wahid pada tahun 2007 saat d Bangka Belitung saat sidang Ahok.

Sidang Ahok
Copyright ©detiknews

Video itu diambil saat mantan Presiden Indonesia keempat tersebut menjadi juru bicara kampanye Ahok saat mencalonkan sebagai Bubati Bangka Belitung. Abdulrahman Wahid atau sering dipanggil Gus Dur menjelaskan terkait masalah pemimmpin dalam surat Al Maidah.

Saat itu dia menyampaian jika tidak ada masalah jika umat muslim memilih pemimpinnya yang berbeda keyakinan. Dia mengatakan hal tersebut karena saat itu juga ada oknum yang mengkaitkan surat Al Maidah 51 sebagai bahan kampanye Bangka Belitung.

Sementara itu Sidang Ahok sendiri di gelar di Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan) Ragunan, Jakarta Selatan. Saat persidangan itulah cuplikan video Gus Dur ditampilkan sebagai salah satu barang bukti yang dihadirkan.

Saya bilang jika orang disebut kafir itu bukanlah yang beragama Kristen ataupun Yahudi. Karena dimata Al-Qur’an orang kafir itu adalah orang yang tidak memiliki Tuhan.Belum bisa baca Al Qur’an ngomongin kitab suci umat islam ini. Kalau omongan orang tolol jangan di dengarkan’ ujar Gus Dur dalam videonya.

Sidang Ahok
Copyright ©liputan6

Gus Dur sendiri dalam videonya menyebutkan jika Surat Al Maidh ayat 51 tak ada hubungannya dengan Pilgub Bangka Belitung. Hal tersebut karena permasalahan keagamaan tidak bisa dicampuradukan dengan permasalhan politik.

‘Saya sendiri kan sudah bilang jika ayat ini tidak ada urusannya dengan Pilgub. Jika orang Kristen ataupun Yahidi tidak rela dengan kita, kita pun juga tidak rela. Apa mau kalian sholat di belakang orang Yahudi?? Pastinya mtidak mau. Tapi jika pemerintahan taka apa-apa’ ujar Gus Dur.

Dalam Sidang Ahok itu sendiri beragendakan penyampaian barang bukti salah satu video Gus Dur ini. Dalam video yang ditampilkan tersebut Gus Dur sendiri mengingatkan agar tidak takut memilih pemimpin yang berbeda keyakinan selama orang tersebut pandai dan juga jujur.

baca juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here