Format Baru yang Diusung Dalam Debat Pilkada DKI Putaran Kedua!

0
3848
Debat Pilkada DKI
Copyright ©megapolitan

Format Baru yang Diusung Dalam Debat Pilkada DKI Putaran Kedua!

Newsth.com Debat Pilkada DKI akan segera dimulai dan akan ditampilkan format baru didalamnya. Format baru akan ditetapkan oleh KPU DKI Jakarta dalam debat untu calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta dalam putaran ke dua nanti.

Format baru dalam Debat Pilkada DKI ini dilakukan terlihat akan berbeda seperti debat pada waktu putaran pertama. Di debat putara ke dua ini nanti KPU akan membuat salah satu segmen dimana masyarakat akan mengajukan pertanyaan pada cagub dan cawagub.

Mengenai format baru ini disampaikan oleh Komisioner KPU DKI Jakarta Dahliah Umar saat ditemui tim media pada Rabu, 5 April 2017. Dalam pertemuan tersebut Dahliah menjelaskan jika ada metode baru dalam debat putaran ke dua nanti.

‘Dalam putara ke dua nanti ada metode baru yakni adanya segmen masyarakat bertanya kepada calon . Pertanyaan itu sendiri akan langsung dari masyarakat bukan dari panelis’ ujar Dahliah.

Debat Pilkada DKI
Copyright ©megapolitan

Seperti diketahui jika Debat Pilkada DKI sendiri akan segera di gelar sebelum Pilkada DKI Jakarta putaran ke dua dimulai. Dahliah mengatakan jika pertanyaan nanti akan diajukan oleh masyarakat namun akan dikemas oleh KPU agar lebih terstruktur.

Dahliah menjelaskan jika pertanyaan masyarakat antinya akan di formulasikan oleh KPU. Namun bukan berarti jika pertanyaan akan diubah menurut kewenangan pihak penyelenggara debat. Pertanyaan tersebut akan murni dari masyarakat utnuk disampaikan kepada cagub maupun cawagub.

Sementara itu dengan metode baru ini KPU akan mengarahkan masyarakat untuk menanyakan hal yang sifatnya mengenai teknis Pilkada DKI itu sendiri. Pertanyaan nanti akan dibatasi waktu dan pertanyaan yang disampaikan sendiri harus terstruktur.

KPU sendiri akan membantu masyarakat agar pertanyaan yang mereka ajukan lebih terfokus. Dahliah mengatakan ‘Pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat nantinya akan ditentukan cara bertanya kepada calon. Tak haya itu nanti juga di atau bagaimana supaya pertanyaan yang diajukan tersebut menjadi fokus’.

Dalam Debat Pilkada DKI ini nanti masyarakat yang ingin mengajukan pertanyaan akan dihadirkan langsung dalam lokasi debat. Pertanyaan sendiri data diajukan terkait dengan masyarakat DKI Jakarta itu sendiri. Mulai dari kegiatan sehari-hari hingga kondisi masyarakat saat ini.

baca juga Berita Terkini: Akankah Presiden Jokowi Jadi Ketua Umum Partai PDIP?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here