Mulai 1 April, Harga BBM Subsidi Tak Ada Kenaikan Sampai Bulan Juni Mendatang!

0
2788
harga BBM
Copyright : harga BBM

Mulai 1 April, Harga BBM Subsidi Tak Ada Kenaikan Sampai Bulan Juni Mendatang!

Newsth.comHarga BBM tak ada kenaikan pada bulan April hingga nanti pada bulan Juni 2017. Hal ini berdasarkan informasi langsung dari pemerintah yang memutuskan untuk tidak menaikan haraga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsisdi pada tanggal 1 April 2017.

Peraturan ini dikeluarkan langsung oleh pemerintah terkait dengan harga BBM. Keputusan ini sendiri berdasarkan Peraturan Presiden nomer 191 tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian, dan harga jual eceran bahan bakar minyak.

Tak hanya itu mengenai ini juga berlandaskan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomer 27 tahun 2016. Peraturan tersebut mengatur tentang perhitungan harga jual eceran bahan bakar minyak.

tarif taksi
©Kompas

Sedangkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral sendiri menetapakan harga jual bahan bakar minyak jenis BBM dan jenis BBM khusus. Penetapan tersebut dilakukan setiap tiga bulan dengan memperhitungkan beberapa aspek.

Hal yang perlu diperhitungkan untuk penaikan Harga BBM yakni perkembangan harga minyak, rata-rata harga indeks pasar. Kemudian ada lagi yakni terkait dengan nilai tukar rupiah dengan dolar Amerika dengan kusr beli perbankan Indonesia.

Terkait hal ini juga dijelaskan oleh Kepala Biro Komusniaksi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM, Sujatmiko pada Sabtu, 1 April 2017. Dia menjelaskan terkait dengan perkembangan minyak dunia dan juga menyangkut harga jual bbm ditanah air.

Sujatmiko mengatakan pemerintah kali ini sedang mencermati perkembangan rata-rata minyak dunia pada bulan April hingga Juni mendatang. Hal tersebut untuk menjaga kestabilan sesial ekonomi, penegelolaan logistik serta peneyediaan BBM secara nasional.

Harga BBM
©Harga BBM

‘Kali ini pemerintah tengah memerhatikan perkembangaan rata-rata harga minyak dunia mulai April hingga Juni. Hal ini untuk menentukan kestabilan ekonomi sosial nanatinya’ ujar Sujatmiko.

Sementara itu Harga BBM sendiri masih akan tetap pada kisaran harga sebelumnya. Untuk harga jual BBM minyak tanah Rp 2.500 per liter, untuk haraga BBM Solar Rp 5.150 per liter dan untuk harga BBM bensin premium RON 88 yakni Rp 6.450 per liter.

Harga BBM tersebut ditetapkan oleh PT Pertamina (Persero). Namun Pertamina juga berpedoman dengan kebijakan pemerintah dan juga memeprtimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

baca lain Berita Terkini: Ratap Tangis Jessica Wongso Saat Masa Tahanannya Diperpanjang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here