Berita Terkini: KPU DKI Ungkap Quick Count Pilkada DKI Baru Dapat Dilihat Mulai Pukul 13.00 WIB!

0
1641
Pilkada Serentak 2017
Copyright ©beritasatu

KPU DKI Ungkap Quick Count Pilkada DKI Baru Dapat Dilihat Mulai Pukul 13.00 WIB!

Newsth.com – Quick Count Pilkada DKI dipastikan akan selalu menarik perhatian publik khusunya ibu kota. Untuk itu Komisi Pemilihan Umum Jakarta memberikan penjelasannya mengenai hasil hitung cepat.

Komisioner KPU DKI Jakarta Betty Idroos mengarakan jika hasil hitung cepat akan mulai dipublikasikan pada pukul 1. Hasil tersebut didapatkan dari survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga.

Penghitungan yang telah dilakukan dapat dibeberkan sesaat setelah pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta 2017 selesai dilakukan. Hal ini berbedar dari ketetapan yang sebelumnya telah dijalankan.

Quick Count Pilkada DKI jika mengacu pada aturan yang lama baru bisa dipublikasikan pada pukul 3 sore atau dua jam sesudah pemungutan suara. Akan tetapi putusan tersebut saat ini sudah mendapatkan perubahan dari KPU pusat.

Perubahan tersebut juga berdasarkan adanya kesepakatan yang telah dilakukan antara tiga lembaga. Diantaranya yang menyepakati hal tersebut adalah KPU pusat, Badan Pengawas Pemilu dan Komisi Penyiaran Indonesia.

Hasil hitung cepat yang telah dilakukan oleh berbagai lembaga survei tersebut bukanlah hasil yang didapat dari penghitungan resmi dari KPU. Sehingga secara resmi penghitungan cepat bukan dilakukan berdasarkan surat suara KPU DKI Jakarta.

Betty juga mengatakan jika hasil Quick Count Pilkada DKI bukanlah rilis dari KPU. Sedangkan untuk angka yang pasti nantinya akan didapat dari penghitungan jumlah secara manual dari setiap TPS.

Pilkada DKI 2017
Copyright ©Ist

Penghitungan cepat sendiri dilakukan oleh beberapa lembaga survei yang sebelumnya telah daftar ke KPU. Setidaknya ada 19 lembaga yang mendaftar untuk memberikan hasil survei dari pihak mereka.

Bukan hanya Quick Count Pilkada DKI saja akan tetapi seluruh wilayah yang menggelar pesta demokrasi ini akan mendapatkan hitung cepat. Setidaknya ada 101 daerah yang akan mendapatkan survei sejak pukul 1 siang.

Selain melalui siaran televisi masyarakat juga bisa melihat hitung cepat melalui website resmi yang telah terdarftar di KPU. Akan tetapi angka yang telah dikeluarkan belum tentu sama dengan yang dirilis oleh pihak KPU.

baca juga : Dimana SBY Ketika Hari Pencoblosan Pilkada DKI 2017?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here