Berita Terkini: Gelar Pilkada DKI 2017, Polda Metro Nyatakan Jakarta Berstatus Siaga I

0
502
Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono
Copyright ©Kompas

Gelar Pilkada DKI 2017, Polda Metro Nyatakan Jakarta Berstatus Siaga I

Newsth.com – Adanya gelaran Pilkada DKI 2017, Polda Metro Jaya menyatakan Ibu Kota Jakarta berstatus Siaga I. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

Seperti diketahui Pilgub DKI 2017 akan dilaksanakan pada hari Rabu 15 Februari 2017. Meski sudah berstatus siaga satu, Argo menyebut kondisi Jakarta sejauh ini relatih aman dan kondusif.

Argo menuturkan tidak ada yang rawan karena anggota kepolisian sudah disiapkan untuk pengamanan Pilkada DKI 2017. Untuk menjaga situasi selama pemilihan berlangsung Polda juga menggandeng pihak terkait termasuk TNI, KPUD dan Bawaslu.

Disebutkan pihak-pihak terkait juga mengantisipasi berbagai kecurangan yang berkaitan dengan Pilgub DKI Jakarta 2017. Kecurangan yang dimaksud adalah termasuk politik uang, pemaksaan dan pemalsuan.

Prabowo Argo Yuwono memaparkan pihaknya akan melihat situasi di lapangan. Dia menyebut ada mekanismenya dan pihaknya menunggu.

Jika memang ada suatu kejadian masyarakat yang akan menilai sendiri. Apakah hal itu merupakan suatu pelanggaran Pilkada DKI 2017 atau hukum.

Argo mengajak masyarakat untuk menyukseskan Pilkada DKI 2017. Jika memang ada kecurangan ditemukan dilapangan maka masyarakat dihimbau untuk langsung melapork ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

No Urut Pilkada DKI
Copyright ©Kompas

Menjelang  Pilkada DKI besok, anggota kepolisian sudah mulai menjaga TPS yang ada di Jakarta. Penerjunan anggota polisi ke TPS dilakukan sejak pagi tadi Selasa 14 Februari 2017.

Argo mengataka sebelum diterjunkan ke TPS, para personel melakukan pengecekan logistik di kelurahan. Untuk selanjutnya petugas mengawal panitia mendistribusikan logistik ke TPS di Jakarta.

TPS yang diamankan oleh anggota Polda Metro Jaya berjumlah 23.315 TPS. Personel yang diterjunkan untuk mengamankan seluruh TPS itu adalah sekitar 19 ribu personel.

Dari total TPS yang ada di Jakarta, 417 diantaranya masuk ke dalam kategori TPS rawan tingkat I. Sebanyak 22.876 TPS termasuk aman dan 26 TPS masuk kategori khusus ada di beberapa lembaga pemasyarakatan.

Baca Juga : Bikin Heboh, Peramal Ini Sudah Ucapkan Selamat pada Ahok Saat Pilkada DKI Belum Digelar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here