Salah Satu WNI Yang Dideportasi Turki Adalah Istri Tokoh ISIS ?

0
383
ISIS
Copyright ©BBC

Salah Satu WNI Yang Dideportasi Turki Adalah Istri Tokoh ISIS ?

Newsth.com – Sudah ada 17 WNI yang dideportasi dari Turki sejak beberapa waktu lalu. Satu diantara warga Indonesia yang dipulangkan ke tanah air adalah istri dari tokoh ISIS bernama Bahrumsyah.

Nama Bahrumsyah memang dikenal karena ia merupakan salah satu tokoh di kelompok militan tersebut. Kepala Biro Penerangan Masyaakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto membeberkan penjelasn tentang informasi itu.

Rikwanto mengatakan jika salah satu WNI yang saat ini sedang berada di Dinsos Bambu Apus yaitu Nia Kurniati adalah istri dari tokoh ISIS. Ia adalah seorang janda yang telah menikah dengan Bahrumsyah.

Saat ini NK menjadi istri ketiga dari tokoh gerakan kelompok militan asal Suriah. Ia dideportasi karena akan masuk ke Suriah melalui jalur Turki dan diduga akan bergabung bersama kelompok militan lainnya.

Akan tetapi Rikwanto tidak dapat memastikan kapan NK berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS. Dan yang bisa diketahui hanyalah deportasi dari pemerintahan Turki telah dilakukan sejak 22 Januari.

Pemeriksaan intensif terhadap NK dilakukan guna mengetahui tujuannya ke Suriah bersama 16 orang lainnya. Saat pemeriksaan sendiri petugas tak mengetahui adanya tindakan terorisme yang dilakukan.

NK diperiksa secara intensif di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok hingga pada akhirnya diserahkan ke Dinas Sosial Bambu Apus. Penyerahan tersebut dilakukan guna melalui rehabilitasi terlebih dahulu setelah dipulangkan oleh pemerintah Turki.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto
Copyright ©Tribunnews

Nama Bahrumsyah yang merupakan tokohj ISIS ini memang sempat mencuat dan banyak diperbincangkan. Sekitar pertangahan tahun 2014 lalu kehebohan muncul tentang adanya video kegiatan yang dilakukan oleh kelompok teroris.

Saat itu Bahrumsyah terlihat menggunakan pakaian hitam dan juga sorban yang memiliki warna senada. Ia adalah satu dari tiga WNI yang telah berbaiat kepada militan dua diantaranya adalah Bahrun Naim dan Salim Mubarok atau Abu Jandal.

Bahrumsyah sendiri adalah salah satu petinggi sekaligus tokoh dalam gerakan teroris. Hingga saat ini pihak yang bersangkutan masih berada di Suriah dan bergabung bersama dengan ISIS.

baca juga : Mantan Pegawai Triyono Utomo Abdul Sakti Gabung ISIS, Kemenkeu Angkat Bicara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here